Blogger Jateng

Latihan Soal Geografi High Order Thinking Perairan Laut

Halo teman-teman kali ini saya akan coba lagi berikan pola soal latihan geografi high order thinking bahan perairan bahari. 

Silahkan berlatih sebanyak mungkin biar lebih ahli nanti pada dikala UN.

1. Perbedaan antara laut ingresi dan bahari regresi didasarkan pada ....
A. letaknya
B. kadar garamnya
C. arus lautnya
D. angin yang bertiup di atasnya
E. proses terbentuknya
teman kali ini saya akan coba lagi berikan contoh soal latihan geografi high order thinkin Latihan Soal Geografi High Order Thinking Perairan Laut
Laut Tengah

Jawabannya ialah E.
Laut ialah perairan asin yang luas di permukaan bumi. Ada beberapa pembagian terstruktur mengenai laut yaitu menurut proses terbentuknya dan lokasi lautnya. Menurut proses terbentuknya laut dibagi menjadi 
1. Laut transgresi adalah bahari yang terjadi karena naiknya permukaan bahari sehingga daratan yang mulanya ada karam oleh air. Ini disebabkan oleh mencairnya es saat zaman es akhir ialah Plesitosen. Penyebab mencairnya es ini mampu dikarenakan oleh perubahan iklim atau prosedur lain. Contoh bahari transgresi ialah Laut Jawa dan Laut Arafuru. Kedua laut ini punya kedalaman tidak terlalu dalam ialah hanya sampai optimal 300 m saja.
2. Laut ingresi adalah maritim yang terjadi karena penurunan dasar bahari sehingga kedalaman laut semakin dalam. Penyebabnya adalah pergerakan tektonik di bawah bahari. Contoh laut ingresi yaitu Laut Banda.
3. Laut regresi yaitu laut yang menyempit dikarenakan semakin banyaknya sedimen yang masuk ke bahari. Contoh maritim regresi ialah Laut Bering.

Sementara itu berdasarkan lokasinya, bahari dibedakan menjadi bahari tepi, laut tengah dan laut pedalaman. Laut tepi adalah laut yang lokasinya di tepi sebuah daratan/benua, misalnya Laut Cina Selatan, Laut Andaman. 

Laut pertengahan ialah bahari yang berlokasi di tengah tengah daratan/benua mirip Laut Mediterania. Laut pedalaman yaitu bahari yang lokasinya terisolir di tengah daratan/benua seperti Laut Hitam dan Laut Kaspia. 

Gambar: disini