Blogger Jateng

Pemanfaatan Zona Litoral, Neritik, Batial, Abisal Oleh Manusia

Halo sobat-sahabat sekalian kali ini ILMUGURU akan coba berikan sedikit penjelasan terkait pemanfaatan zona laut berdasarkan kedalamannya.

Lautan itu kan luas ya guys dan sehabis diteliti oleh pakar oseanografi maka terdapat setidaknya 4 zona lautan kalau dilihat vertikal dari atas ke bawah ialah litoral, neritik, batial dan abisal.

Lalu apa perbedaan keempat zona tersebut dan bagaimana pemanfaatannya bagi kehidupan utamanya manusia.

1. Zona Litoral
Zona litoral ialah kawasan laut yang dibatasi oleh pasang naik dan pasang surut. Artinya saat air laut surut  maka wilayah ini akan menjadi pantai sementara ketika pasang akan tergenang air. Itulah mengapa zona ini disebut juga zona pasang surut.

Pengaruh suhu dan panas matahari sangat kuat pada zona litoral sehingga di zona ini mampu ditemukan beberapa spesies mirip bintang bahari, udang, kepiting hingga cacing.

Pemanfaatan zona litoral diantaranya untuk ekosistem mangrove, tambak garam hingga rekreasi pantai karang.

2. Zona Neritik
Zona neritik adalah daerah laut dengan kedalaman maksimal 200 m yang artinya sinar matahari masih bisa tembus sampai dasar bahari.

Kelimpahan sinar matahari ini membuat zona neritik kaya akan organisme mulai dari terumbu karang, lamun, ganggang dan yang lain. Pemanfaatan zona neritik diantaranya untuk tangkapan ikan, wisata terumbu karang, bididaya rumput maritim dan kerang.
teman sekalian kali ini ILMUGURU akan coba berikan sedikit penjelasan terkait pemanfa Pemanfaatan Zona Litoral, Neritik, Batial, Abisal Oleh Manusia
Zona lautan
3. Zona Batial
Zona batial yaitu kawasan maritim dengan kedalaman 200-1800 m dan cahaya matahari sudah mulai redup. Dengan kondisi ini kehidupan biota di sini tidak sebanyak di neritik.

Contoh hewan yang hidup diantaranya Paus, Hiu, Lumba-Lumba dan Gurita. Pemanfaatan zona batial antara lain untuk penangkapan ikan skala besar dan latihan perang bawah maritim.

4. Zona Abisal
Zona abisal yakni zona laut dalam dan sangat gelap dengan tekanan hidrostatik tinggi. Hanya binatang tertentu saja yang bisa hidup dan menyesuaikan diri dengan lingkungan ini. Pemanfaatan zona abisal antara lain untuk sumur bor minyak laut lepas.

5. Zona Hadal
Zona Hadal adalah zona terdalam dan hanya kegelapan infinit yang ada disana. Dasar laut ini terdiri atas sedimen halus. Disini tekanan hidrostatik sangat tinggi dan beberapa hewan bisa hidup antara lain ubur-ubur bercahaya dan cacing maritim.

Contoh soal zonasi maritim:
1. Faktor paling lebih banyak didominasi yang memengaruhi lingkungan biotik laut yang jauh dari zona litoral yakni ...
a. kelembaban udara
b. salinitas
c. radiasi matahari
d. curah hujan
e. kecepatan angin

Kunci: C
Daerah litoral adalah daerah dangkal yang masih bisa ditembus matahari. Jauh dari zona litoral artinya sinar matahari tidak mampu tembus. Gambar: disini