Blogger Jateng

Ruang Lingkup, Pengertian Geografi Beserta Tokohnya

Geografi intinya ialah ilmu ihwal penggambaran bumi. Penggambaran ini bisa dipetakan atau dideskripsikan saja.

Ada banyak pengertian geografi yang disampaikan oleh aneka macam macam tokoh geografi terkemukan baik nasional maupun dunia. 

Geografi telah meningkat sejak kala peradaban manusia di bumi. Tulisan atau gambar-gambar hasil kreasi insan purba di gua yaitu teladan insan telah bisa menggambarkan kondisi alamnya meskipun belum mengenal goresan pena. Berikut ini daftar pemahaman geografi.
Pengertian geografi berbagai hali
1.    Seminar dan Lokakarya Ikatan Geograf  Indonesia 1988: 
Geografi adalah ilmu yang mempelajari persamaan dan perbedaan fenomena geosfer dengan sudut pandang kelingkungan dan kewilayahan dalam konteks keruangan.
2.    Depdikbud 1989: 

Geografi merupakan suatu ilmu tentang permukaan bumi, iklim, penduduk, flora, fauna, serta hasil yang diperoleh dari bumi.
3.    Prof. Bintarto: 

Geografi mempelajari kekerabatan kausal tanda-tanda-gejala di tampang bumi dan insiden-kejadian yang terjadi di paras bumi baik yang fisikal maupun yang menyangkut mahkluk hidup beserta permasalahannya, melalui pendekatan keruangan, ekologikal dan regional untuk kepentingan program, proses dan kesuksesan pembangunan.
4.    I Made Sandy: 

Geografi yakni ilmu yang berusaha mendapatkan dan mengenali persamaan-persamaan dan perbedaan-perbedaan yang ada dalam ruang paras bumi.
5.    Drs. N. Daldjoeni: 

Geografi adalah uraian perihal bumi dengan segenap isinya ialah insan ditambah dengan dunia hewan dan dunia tumbuh-tanaman.
6.    Ferdinand von Richthofen 1833 – 1905: 

Geografi yaitu ilmu yang mempelajari gejala dan sifat pemukaan bumi dan orangnya, disusun berdasarkan letaknya, menerangkan baik perihal terdapatnya tanda-tanda – gejala dan sifat – sifat itu.
7.    Harthsorne

 Geografi adalah sebuah ilmu yang menampilkan realitas deferensiasi paras bumi mirip apa adanya, tidak cuma dalam arti perbedaan – perbedaan dalam hal tertentu tetapi juga dalam arti kombinasi keseluruhan fenomena di setiap daerah, yang berlawanan dari keadaanya di daerah lain.
8. James Fairgrive (1966)
Geografi memiliki nilai edukatif yang mampu mendidik insan untuk berpikir kritis dan bertanggung jawab terhadap kemajuan-perkembangan dunia. Ia juga berpendapat bahwa peta sangat penting untuk menjawab pertanyaan “di mana” dari aneka macam aspek dan tanda-tanda geografi.

9. Frank Debenham (1950)
Geografi yakni ilmu yang bertugas menyelenggarakan penafsiran kepada persebaran fakta, memperoleh relasi antara kehidupan insan dengan lingkungan fisik, menandakan kekuatan interaksi antara insan dan alam.

10. Bisri Mustofa (2007) 
Geografi yakni ilmu yang menguraikan tentang permukaan bumi, iklim, penduduk, tumbuhan, fauna serta bakteri-bakteri yang diperoleh dari bumi.
11. Herioso Setiyono (1996) 

Geografi yaitu ilmu yang mempelajari hubungan timbal balik antara insan dengan lingkungannya dan merujuk pada pola persebaran horisontal dipermukaan bumi.
12. Preston E. James

Geografi ialah induk dari segala ilmu wawasan, hal ini sebab bidang ilmu pengetahuan senantiasa di mulai dari keadaan muka bumi yang kemudian beralih pada studi ilmu wawasan masing-masing.
13.  Claudius Ptolomaeus
Geografi yaitu sebuah penyuguhan melalui peta dari sebagian dan seluruh permukaan bumi.
14. Eratosthenes
Geografi berasal dari kata geo artinya bumi dan graphein artinya gambar. Geografi yaitu penggambaran wacana bumi.

Itulah beberapa pengertian/definisi geografi dari berbagai andal ternama. Sudah tahu persamaan dan perbedaannya kan?. Jangan lupa like dan share blognya ya!.