Blogger Jateng

Visa India Untuk Indonesia, Gratis !

Visa India Untuk Indonesia, Gratis ! - Setelah melakukan kunjungan ke Indonesia di bulan Mei 2018, PM India Narendra Modi memberi kado kepada warga Indonesia.

Hadiahnya berbentukvisa gratis untuk warga Indonesia yang berkunjung ke India.

Setelah melakukan kunjungan ke Indonesia di bulan Mei  Visa India Untuk Indonesia, Gratis !

Berkunjung ke India, selain bisa melihat warisan budaya kala lampau mirip Taj Mahal, kamu-kau khususnya generasi millenial mampu belanja "ilham" dari negeri Bollywood ini.

Ya betul, ide !

Perlu kau tahu, sains dan teknologi India melesat jauh dan siap berkompetisi dengan negara-negara maju Asia bahkan dunia. India terkenal selaku pengekspor saintis dan insinyur-insinyur top ke penjuru dunia.

Tentu telah tidak gila, bagaimana diaspora warga India sukses menjangkau berhasil besar di Amerika.

Tercatat beberapa perusahaan teknologi top di Amerika, untuk posisi CEO-nya dipegang orang-orang India. Contoh kecilnya, Satya Nadella yang kini menjabat CEO Microsoft dan Sundar Pichai yang dikala ini menduduki CEO google.

Setelah melakukan kunjungan ke Indonesia di bulan Mei  Visa India Untuk Indonesia, Gratis !
Kaprikornus tunggu apalagi, yuk kita jalan-jalan ke India. Dan omong-omong, jalan-jalan ke India modalnya lumayan ngirit, alasannya harga-harga di sana masih cukup murah.

Tapi..siapin visanya dahulu kawan.

1# Mengurus Visa India di Indonesia Gratis

Untuk mengorganisir visa India di Indonesia, bisa ditempuh dengan 2 cara :
  1. Kamu mampu membuat visa India di Kedutaan Besar India.
  2. Bisa juga membuat visa India via online.
Sebagaimana saya sampaikan di awal paragraf, ongkos mengurus visa India bagi warga Indonesia adalah gratis !
Ini berlaku semenjak Juni 2018. Sebelumnya, biaya mengorganisir visa India sekitar 51 dollar. Kalau dirupiahkan kurang lebih 700 ribuan.

2# Perbedaan Mengurus Visa India di Kedubes dan Online

Yang terang dari segi cara berlawanan.
Mengurus visa di Kedubes, pasti kamu mesti datang ke Kedubes India di Jakarta. Tepatnya di Jl. H.R Rasuna Said, Kav. S-1, Kuningan - Jakarta Selatan.
Cara ini tentu buang waktu dan ongkos (cukup besar) bagi kamu yang tinggal di luar Jakarta. Terlebih lagi buat kamu yang tinggal di luar Jawa.
Bayangkan, misal kamu tinggal di Sulawesi, jika mesti ke Jakarta untuk mengurus visa India. Berapa habis ongkos buat beli tiket pesawat PP. Ditambah dengan biaya makan dll selama perjalanan bolak balik Jakarta - Sulawesi.
Yang paling enak, efektif dan tentu biaya murah, menciptakan visa India online. Yang sering disebut dengan e-Visa. Modalnya cuma paket data/ koneksi internet.
Buat kau yang tinggal di manapun, di seluruh Indonesia, asal ada koneksi internet bisa daftar visa India online.

3# Kelebihan e-Visa India (Selain Biaya Murah)

Meski keduanya (visa India online dan visa India melalui Kedubes) sama-sama gratis, ongkos mengurusnya telah pasti lebih besar lewat Kedubes.
Selain ongkos lebih hemat biaya, keuntungan menciptakan visa India via online yakni durasi ijin tinggal di India lebih usang.
Jika visa India kau buat melalui Kedubes, maka kau cuma menerima ijin keliling India selama 30 hari. Sedangkan bila kau pakai e-visa India, alias membuatvisa India online, maka kamu bisa tinggal di India selama 60 hari.

4# Lalu, Bagaimana Cara Membuat e-Visa India di Indonesia ?

Asal kau melek internet, sudah umumbikin akun-akun online atau sudah telah umumbelanja online, seharusnya bikin visa online India yakni perkara yang cukup mudah.
Yang mungkin sedikit mengganjal yaitu soal bahasa. Tapi keluhan ini khusus bagi kau yang bahasa inggrisnya di bawah pas-pasan.
Tapi damai saja, kan sekarang sudah ada google translate...heh he he.
Baik, berikut cara membuat Visa India Online secara gratis :
  1. Kunjungilah situs berikut indianvisaonline.gov.in , PERHATIAN hanya datangi situs ini ya ! Karena banyak beredar di beranda google situs-situs yang sangat menyerupai dengan situs ini. Di mana isinya penipuan.
  2. Siapkan scan foto berwarna kau dengan ukuran 5 x 5 cm dengan format file jpeg dan ukuran maksimal 1 Mb.
  3. Scan halaman paspor depan yang memuat foto dan data diri kau dengan format pdf dan ukuran optimal 300 Kb.
  4. Isilah semua data-data yang diminta di formulir online Visa India yang ada di situs tersebut. Termasuk kau nanti diminta meng-upload scan foto dan paspor yang sebelumnya telah kau siapin.
  5. Saat ngisi formulis e-visa India online, kamu juga diminta mengisi siapa pihak India yang menjadi acuan kau. Isilah dengan nama kenalan kamu di India. Jika tak memiliki, isi saja dengan hotel di India yang sudah kamu booking.
  6. Setelah kolom-kolom formulir e-visa India online telah kamu isi lengkap, cek lagi, tentukan semua data sudah sesuai. Jika kamu percaya data yang kamu isikan semuanya telah ok, berikutnya tinggal pilih confirm.
  7. Proses pengerjaan e-visa India sudah simpulan. Kamu tinggal tunggu 1 sampai 3 hari. Bahkan ada kenalan aku yang 5 hari gres mendapat tanggapan status pengajuan e-visa India.
Untuk langkah detail cara menciptakan e-visa India di Indonesia dengan dibarengi gambar, mampu kamu lihat di bawah.

Baca Juga : Step by Step Cara Membuat Visa India Online (100% Disetujui)
Tidak usah khawatir, asal semua data yang kamu isikan telah sesuai, pengajuan e-Visa India  kau bisa di-approve.