Blogger Jateng

Apply Visa Jepang Ditolak ? Ini 10 Penyebabnya !

Apply Visa Jepang Ditolak ? Ini 10 Penyebabnya ! - Jangan hingga ya, piknik ke Jepang yang sudah kamu impikan selama 7 purnama musnah berserakan.

Hanya gara-gara aplikasi visa Jepang kau ditolak !

 liburan ke Jepang yang sudah kamu impikan selama  Apply Visa Jepang Ditolak ? Ini 10 Penyebabnya !
Demi argumentasi tersebut, goresan pena ini aku buat untukmu mitra. 10 Hal yang mesti kau hindari, biar permohonan visa Jepang kamu disetujui.

Cap cusss...pribadi saja, berikut daftar 10 penyebab yang memungkinkan permintaan visa Jepang kamu tidak di-approve alias DITOLAK !

1# Dokumen Persyaratan Tidak Lengkap

Seharusnya, masalah pengajuan visa Jepang ditolak karena tidak lengkapnya dokumen tolok ukur tidak terjadi. Namun, nyatanya ada saja yang ditolak dengan argumentasi ini.

Hal yang paling sering terjadi, yang membuatga sadar si pemohon bahwa persyaratannya tidak lengkap yakni patokan komplemen !

Misal:

Ketika kau berkunjung ke Jepang dengan tujuan kunjungan bisnis. Tiba-tiba pengajuan visa kau ditolak dengan alasan syarat kurang lengkap.

Sementara kamu merasa telah melengkapi semua tolok ukur yang diharapkan. Usut punya usut, ternyata masih ada patokan perhiasan yang belum kamu penuhi.

Selain persyaratan biasa yang sudah kamu lengkapi, ada juga syarat embel-embel yang juga kamu harus penuhi. Yaitu, surat seruan atau invitation letter dengan kop resmi dari perusahaan partner bisnis kamu yang ada di Jepang.

Jika kunjunganmu rekreasi, tentu kau tidak perlu melampirkan invitation letter ini.

Poin pentingnya...

Selain melengkapi persyaratan lazim, kamu juga mesti cari informasi perihal "kriteria suplemen khusus" untuk  tujuan kunjungan kau yang spesifik.

2# Dokumen Persyaratan Tidak Sesuai

Langsung saja, ini aku contohin yang sering terjadi, yang bikin gagal pengajuan visa Jepang. Yaitu, tidak sesuainya nama di KTP dengan nama di bukti pemesanan tiket pesawat atau hotel.

Di KTP, nama kau tertulis "Achmad Ganteng". Sedangkan reservasi di tiket pesawat atau hotel tertulis "Ahmad Guanteng".

3# Wilayah Yurisdiksi Tidak  Sesuai, Aplikasi Visa Jepang Ditolak !

Kamu ber-KTP Tabanan (Bali). Tapi saat ini kamu kerja di Surabaya. Kemudian kau apply visa Jepang di Konsulat Jenderal Jepang yang di Surabaya.

Tentu aplikasi visa kau akan ditolak. Karena tidak cocok wilayah yurisdiksi.

Kamu hanya bisa mengajukan visa Jepang di Konsulat Jenderal Jepang Denpasar. Yang sesuai dengan kawasan yurisdiksi KTP kamu.

Baca Juga: Daftar Wilayah Yurisdiksi Pengajuan Visa Jepang


4# Itinerary Rencana Perjalanan Kamu Tidak Lengkap

 liburan ke Jepang yang sudah kamu impikan selama  Apply Visa Jepang Ditolak ? Ini 10 Penyebabnya !
Memang itinerary kamu cukup dibuat praktis, tidak butuhterlalu rincian. Tetapi tetap mesti lengkap semoga permintaan visa kau tidak ditolak.

Biar lebih mudah, silakan kamu download form itinerary visa Jepang di laman berikut: https://tinyurl.com/form-itinerary-visa-jepang (copy paste-kan link ini di browsermu)

Selanjutnya, isi form tersebut sesuai yang di minta. Misal: tanggal, kamu isi 13 Oktober 2021. Tempat yang hendak dikunjungi, kau isi Universal Studio Japan di Osaka. Tempat menginap, kamu isi Hotel Taiyo Osaka.

Intiny mesti kau isi semua ketiga kolom itinerary: tanggal, daerah kunjungan dan kawasan bermalam.

5# Salah Satu Dokumen Persyaratan Kamu Palsu

Kalu ini no comment lah. Karena terkait kejujuran kamu.

Contoh dokumen imitasi yaitu surat sponsor dari perusahaan, kau palsu, kamu membuatsendiri. Bukan surat sponsor yang benar-benar dikeluarkan oleh HRD atau pihak berwenang di perusahaan tempat kamu kerja .
Pesan bijak dari aku (Agan Dores), janganlah menjadi penganut jamaah yang berprinsip "Jujur Ajur". Yakinlah bahwa "Jujur itu Mujur".

6# Kamu Mantan Pelaku Kriminal

Meskipun dikala ini kamu sudah tobat, namun jikalau rekam jejak kriminal kamu dimengerti oleh kedubes atau konsulat Jenderal Jepang, maka amat mungkin pengajuan visa kau ditolak.

Pemerintah Jepang jaga-jaga dan waspada. Jangan hingga ada warga negara ajaib yang bisa memiliki peluangmenjadi biang keonaran di wilayahnya.

7# Kamu Pernah Bikin Masalah di Jepang

Kita semua tahu, Jepang yakni negara yang paling menjunjung tinggi nilai-nilai disiplin dibanding negara manapun di dunia.

Jika kamu pernah bikin dilema di Jepang hingga dilema kau diketahui oleh pihak imigrasi di Jepang sana, hampir dipastikan pengajuan visa Jepang ditolak.

Contoh perkara yang sering terjadi yakni overstay.

Ya, ini ialah masalah yang sering menimpa WNI. Mereka tinggal di Jepang melebihi dari durasi tinggal yang diijinkan.

8# Paspor Kamu Memasuki Masa 6 Bulan Menuju Expired

6 Bulan sebelum expired yaitu persyaratan yang lazimnya diberlakukan oleh negara-negara di dunia untuk pengajuan visa bagi warga ajaib.

Bahkan negara tertentu, seperti Australia, mengharuskan usia paspor minimal 12 bulan (1 tahun) sebelum expired.

Jika paspor kamu memasuki 6 bulan sebelum expired, dijamin aplikasi visa Jepang akan ditolak.

9# Hanya 1 Halaman Paspor Yang Kosong

Meski nanti yang ditempelin visa hanya 1 halaman paspor, namun Kedubes Jepang lewat websitenya mensyaratkan sekurang-kurangnya ada 2 halaman paspor yang kosong untuk mengajukan visa Jepang.

Makara, untuk menjamin aplikasi visa Jepangmu tidak ditolak, kau mesti menyediakan halaman paspor kosong minimal 2 halaman.

10# Saldo Minimal Tabungan Tidak Mencukupi

 liburan ke Jepang yang sudah kamu impikan selama  Apply Visa Jepang Ditolak ? Ini 10 Penyebabnya !
Salah satu syarat pengajuan visa Jepang ialah melampirkan rekening koran 3 bulan terakhir. Namun, bukan memiliki arti sesudah kau lampirkan, aplikasimu pasti disetujui.

Juga sebab, ada syarat jumlah saldo minimum di rekening kamu.
Beberapa sumber menyampaikan saldo minimal ialah jumlah hari kunjungan dikali 1-1.5 juta. Tapi, saya langsung (based on my pengalaman) menyarankan semestinya saldo minimal kamu ialah jumlah hari x 1.5 juta.
Misal kau mendatangi adikmu yang lagi kuliah di Jepang selama 10 hari. Maka saldo minimal ialah 10 hari x 1.5 juta...Jadi 15 juta sekurang-kurangnyasaldo yang harus kau miliki.

Kesimpulannya...

WASPADAiLAH ! 10 hal di atas penyebab aplikasi visa Jepang ditolak