Blogger Jateng

Contoh Hak Paten Karya Anak Bangsa Yang Mendunia (Big Wow)

Contoh Hak Paten Karya Anak Bangsa Yang Mendunia (Big Wow) - Bicara tentang bakat dan kesanggupan, Indonesia tak kekurangan talenta-talenta yang fantastis.

Contoh Hak Paten Karya Anak Bangsa Yang Mendunia  Contoh Hak Paten Karya Anak Bangsa Yang Mendunia (Big Wow)
Bahkan beberapa karyanya (bukan cuma) mensugesti, tetapi menentukan arah teknologi yang ada di dunia ketika ini. Meskipun beberapa dari mereka, namanya tidak terlampau terkenal di negeri sendiri.

Di artikel ini akan aku tampilkan teladan hak paten karya anak bangsa yang menunjukkan sumbangsih konkret bagi pertumbuhan teknologi. Bukan hanya untuk Indonesia, tetapi juga dunia.

1# Contoh Hak Paten Teknologi Kesehatan

Adalah Dr. Warsito Purwo Taruno, sang penemu teknologi ECVT (Electrical Capacitance Volume Topography). Yaitu teknologi berbasis medan listrik statis yang berfungsi selaku pemindai dari sebuah dinding dalam ke dinding luar.

Teknologi ini banyak dipakai diberbagai bidang mirip teknologi komputasi pedoman fluida dalam reaktor kimia, pemindai tabung gas alat pencitraan sistem dan cara kerja otak.

Terutama untuk mendeteksi aktivitas kerja otak, ECVT ini betul-betul teknologi inovatif yang jauh lebih unggul dibanding teknologi pemindai otak yang umum saat ini mirip CT-Scan ataupun MRI.

Keunggulannya ialah bebas radiasi, biaya lebih murah, portable, bab tubuh si pasien yang dicek tidak butuhdikurung pada ruang tertentu.

Contoh Hak Paten Karya Anak Bangsa Yang Mendunia  Contoh Hak Paten Karya Anak Bangsa Yang Mendunia (Big Wow)
Atas penemuannya ini Dr. Warsito menerima penghargaan yang bergengsi yakni BJ Habibie Technology Award di tahun 2015.

Selanjutnya, teknologi ini dikembangkan selaku penghasil gelombang listrik yang mampu menghalangi sel kanker.

Namun sayang, pengembangan teknologi ini dilarang oleh pemerintah melalui Kementrian Kesehatan. Klinik terapi kanker Dr. Warsito dihentikan ijin operasinya dan terpaksa ditutup di awal 2016.

Alasannya, pengembangan teknologi ini untuk riset terapi kanker tidak cocok dengan tata cara riset yang telah ditetapkan oleh Badan Pengembangan dan Penelitian Kemenkes.

Dan sungguh disayangkan, hak paten dari ECVT ini sekarang dipegang oleh Amerika. Lebih disayangkan lagi, kabar terakhir, Dr. Warsito mengembangkan klinik riset kankernya di Polandia.

Benar-benar bakat besar yang disia-siakan di negerinya sendiri.

2# Contoh Hak Paten Putra Bangsa Bidang Konstruksi

Di dunia konstruksi sipil, Indonesia menancapkah dua nama jago ialah Ir Tjokorda R. Sukawati dan Prof. Dr. Ir. Sedyatmo.

Profesor Sedyatmo populer dengan karyanya yang bernama "Teknik Pondasi Ceker Ayam". Yaitu teknik desain pondasi struktur bangunan untuk tempat yang bertanah lembek.

Jadi jika suatu tempat yang tanahnya lembek (misal tempat rawa) akan dibangun suatu menara, tidak usah khawatir. Karena dengan pondasi ceker ayam, mampu menjamin kekuatan menara tersebut.

Sedangkan Ir. Tjokorda, seorang putra Pulau Dewata, memiliki hak paten atas temuannya berbentukTeknik Konstruksi Sosrobahu. Apa itu ?

Kalau kalian dikala ini sering lewat tol Jakarta - Cikampek, tentu banyak kalian lihat pembangunan jalan layang bukan ? nah di situlah Teknik Sosrobahu ini dipakai. Dengan menggunakan teknik ini, sungguh meminimalisir kemacetan jalan.

Btw..negara-negara di Asia banyak yang memakai teknik ini untuk membangun jalan-jalan atau jembatan layang.

3# Hak Paten di Bidang Motor Listrik

Mungkin beberapa tahun silam, kamu para netijen yang aktif mengamati perkembangan politik maupun pembangunan di negeri kita tercintah Indonesia, tahu siapa itu Ricky Elson.

Pria ini digandeng oleh menteri BUMN kala itu, yang begitu memiliki visi cemerlang plus kinerja yang sungguh hebat, bapak Dahlan Iskan.

Bang Ricky Elson ini diminta pulan ke tanah air untuk melakukan riset pengembangan kendaraan listrik. Tapi sayang, lagi-lagi semangat anak bangsa pupus oleh kebijakan pemangku jabatan. Nasibnya bahkan lebih jelek dari Dr. Warsito.

Pasalnya proyek mobil listrik ini diperkarakan dengan tudingan merugikan keuangan negara. Rekan sesama engineer Ricky Elson bahkan hingga dimasukkan penjara atas perkara ini.

Btw...kendaraan listrik ialah kendaraan abad depan. Prediksi pakar teknologi, di tahun 2035, Eropa dan Amerika sudah total meninggalkan kendaraan berbahan bakar minyak dan beralih ke kendaraan listrik.

Hingga ketika ini, Ricky Elson sendiri memiliki 14 hak paten atas temuannya yang diakui dunia internasional pada bidang motor listrik. Contoh hak paten miliknya yakni kendaraan beroda empat listrik selo.

Contoh Hak Paten Karya Anak Bangsa Yang Mendunia  Contoh Hak Paten Karya Anak Bangsa Yang Mendunia (Big Wow)
Saat ini acara Bang Ricky Elson adalah beternak domba, membuatkan listrik tenaga angin sambil membina kandidat-kandidat insinyur muda yang mencar ilmu di padepokannya Lentera Bumi Nusantara, di Ceheras - Tasikmalaya.

4# Hak Paten Manusia Paling Jenius di Indonesia

Dialah mantan presiden RI, Bapak BJ Habibie. Yang mungkin insan paling jenius di Indonesia sampai dikala ini.



Banyak rumor yang menyatakan Bapak BJ Habibie ber-IQ 200 dan 1 dari 10 orang ber-IQ tertinggi di dunia. Entah itu benar atau hoax, lebih baik kita konsentrasi ke hasil karyanya saja. Oke mitra ?
Penemuan fenomenal Almarhum Bapak BJ Habibie yaitu teknik perkiraan pesawat sampai tingkat paling kecil (atom). Tekniknya digunakan oleh sejumlah pabrikan pesawat melayang top, dari mulai Boeing hingga Airbus.

Bapak BJ Habibie akan selalu diingat selaku bapak teknologi bangsa Indonesia.

5# Contoh Hak Paten yang Menggebrak Dunia Internet dan Telekomunikasi

Tepatnya di tahun 2005, Dr. Khairul Anwar (sekarang telah menjadi profesor) mematenkan temuannya. Yaitu, teknologi Fast Fourier Transform (FFT). 

Konsep teknologi FFT ini lalu menjadi standar yang dipakai ITU (International Telecommunication Union ) dan menjadi salah satu tolok ukur yang diaplikasikan pada metode 4G LTE.

Salah satu keunggulan tata cara 4G LTE yang mengaplikasikan teknologi FFT ialah konsumsi daya yang rendah sehingga lebih meminimalkan baterai.

Baca Juga: Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI), Prinsip dan Klasifikasinya

Bagaimana Pendapatmu Tentang 5 Contoh Hak Paten Anak Bangsa di Atas Kawan ?

Kalau dari aku, cukup 2 kata untuk karya-karya anak bangsa di atas "BIG WOW"