Blogger Jateng

Soal HOTS Geografi Mitigasi Bencana dan Jawaban

Hai sahabat-sahabat sobat geolover, masih kesulitan cari soal-soal geografi level hots alias high order thinking?. 

Tenang, kali ini mimin akan coba berikan misalnya beserta pembahasannya. Penasaran soalnya kaya gimana?.
Materi atau topik yang mau dibahas kali ini ialah wacana mitigasi tragedi. Mitigasi insiden terdiri dari tahapan kesiapsiagaan, tanggap darurat dan rehabilitasi. 

Materi lengkap silahkan cari di sajian search blog ini atau cek link di bawah postingan. Simak soal HOTS dan pembahasannya berikut ini:
Soal HOTS Geografi Kelas 11
1.    Bencana kekeringan banyak terjadi ketika demam info kemarau melanda Indonesia. Baik wilayah pedesaan maupun perkotaan akan mengalami pengaruh yang sama. Di pedesaan, kekeringan membuat beberapa sawah mengalami gagal panen atau puso. Komponen yang terancam selesai kekeringan sesuai dengan fenomena yang terdapat pada paragraf yaitu ....
A.    bahan pangan menipis
B.    penurunan mutu air dan udara
C.    kebakaran lahan
D.    mewabahnya penyakit menular
E.    kepadatan pemukiman penduduk

Pembahasan Ada beberapa bagian yang terancam di saat tragedi kekeringan terjadi. Dalam paragraf terdapat deskripsi kekeringan yang membuat gagal panen. Gagal panen akan mempunyai pengaruh pada ketersediaan bahan pangan menipis.

2.    Kebakaran lahan gambut sering terjadi di Indonesia dan menjadi kejadian yang berukuran luas. Penyebab kebakaran lahan gambut mampu dipicu oleh aspek alam dan faktor insan. Salah satu fenomena yang menjadikan kebakaran lahan gambut di Indonesia yaitu ....
a.    La Nina
b.    Ekuinoks
c.    El Nino
d.    Angin Muson Barat
e.    Angin Muson Timur

Pembahasan
El Nino adalah fenomena anomali ialah menghangatnya perairan Samudera Pasifik pecahan tengah dan timur. Dampak dari El Nino bagi Indonesia yaitu isu terkini kemarau berkepanjangan yang mampu menyebabkan kebakaran hutan/lahan dalam skala luas.

3.    Indonesia kadang-kadang dilanda tragedi badai utamanya saat demam isu pancaroba dan puncak penghujan. Akan namun topan yang melanda Indonesia hanya sebatas puting beliung dan tidak terlalu dahsyat mirip angin angin kencang/topan. Penyebab Indonesia tidak dilanda peristiwa angin topan yakni ....
a.    Gaya coriolis membelokan arah angin angin kencang ketika menuju lintang 10 derajat LU/LS
b.    Angin muson barat dan timur menghentikan laju angin puting-beliung di atas samudera Hindia dan Pasifik
c.    Rotasi Bumi membuat angin bergerak lurus dari kutub menuju khatulistiwa
d.    Rotasi Bumi membuat angin bergerak lurus dari kutub menuju khatulistiwa
e.    El Nino di Pasifik pecahan tengah dan timur membuat tekanan di khatulistiwa rendah

Pembahasan
Gaya coriolis yaitu efek pembelokan yang dihasilkan benda berputar. Rotasi Bumi menciptakan angin badai yang umum muncul di subtropis akan otomatis berbelok dikala menuju khatulistiwa sebab efek ini. Inilah mengapa Indonesia kondusif dari serangan angin angin kencang dahsyat.

4.    Negara Indonesia memiliki kerentanan bencana geologis tinggi di dunia karena berada di pertemuan 3 lempeng tektonik aktif. Salah satu bentuk pembiasaan dan mitigasi penduduk Indonesia sejak zaman nenek moyang terhadap kerentanan peristiwa geologis tersebut yaitu ....
a.    Membuat rumah dengan struktur panggung
b.    Membangun bunker di bawah lereng gunung api
c.    Membuat tanggul di pinggir pantai
d.    Membuat terasering untuk pertanian
e.    Melakukan ritual sehabis terjadi musibah

Pembahasan
Nenek moyang Indonesia semenjak zaman dulu telah menyesuaikan diri dan memiliki mitigasi peristiwa yang bagus, salah satunya dengan menciptakan struktur rumah panggung. Struktur panggung berfungsi mengurangi/meredam getaran dikala gempa bumi terjadi sehingga daya rusak gempa terhadap bangunan menyusut. 5.  Bencana alam yang paling sering terjadi di Indonesia dalam dua dekade terakhir yakni ....a. tragedi geologib. insiden hidrometeorologic. tragedi sosiald. bencana biologie. bencana teknologi PembahasanMenurut dapat BNPB, kejadian peristiwa paling sering terjadi dalam dua dekade terakhir di Indonesia adalah insiden hidrometeorologi. Cek grafik dibawah ini.
Grafik kejadian kejadian
Baca juga: Rangkuman Bab Mitigasi Bencana