Blogger Jateng

Klasifikasi Awan Baru Menurut World Meteorological Organization (WMO)

Ada banyak jenis awan di atmosfer kita yang sering tampakmulai dari kumulus, stratus, sirrus sampai cumulonimbus. Nah pada tahun 2017, World Meteorological Organization (WMO) telah mengidentifikasi jenis awan gres.
Hal ini menurut pengamatan yang dilakukan para hebat terkait bentuk-bentuk awan yang ditemui pada atmosfer beberapa tahun kebelakang. 
Sistem klasifikasi awan dikala ini berasal dari tahun 1802 di saat ahi meteoroogi amatir Luke Howard menulis esai ihwal Modifikasi Awan.
Awan tersebut diantaranya alto, cirus, cumulus, nimbus, stratus. Berikut ini daftar jenis awan baru berdasarkan WMO:
Fluctus
Jenis Baru1. Volutus adalah awan horizontal panjang berupa mirip tabung, lazimnya di atmosfer bawah dan mirip bergulung. 
Fitur Tambahan1. Asperitas yaitu jenis awan seperti gelombang di kepingan bawah dengan permukaan terlihat garang kalau tampakdari bawah permukaan.2. Fluctus yaitu jenis awan formasi gelombang yang relatif berumur pendek, lazimnya berada di atas permukaan awan, berupa ikal atau gelombang pecah.3. Cavum adalah jenis awan dengan celah besar umumnya melingkar atau elips yang mampu timbul di awan cirrocumulus atau altocumulus.4. Murus ialah jenis awan dinding yang terlokalisasi, sering datang-datang timbul dari dasar cumulonimbus berupa corong atau angin kencang.5. Cauda yakni jenis awan berupa ekor memanjang pada belahan bawah atmosfer dan masih bab presipitasi utama dari super cell cumulonimbus
Awan Aksesori1. Flumen yaitu kumpulan awan rendah yang bergerak ke arah atas dari awan angin puting-beliung raksasa.
Awan Spesial1. Flamagenitus adalah jenis awan berupa seperti pengecap balasan naiknya arus udara yang dipicu panas dari kebakaran lahan atau program gunung api.2. Hommogenitus yakni jenis awan yang merupakan hasil dari kegiatan manusia misalnya jejak kondensasi pesawat atau kenaikan suhu di atas pembangkit listrik.3. Hommomutatus yakni jenis awan berupa cirrus yang dihasilkan penyebaran kondensasi hasil mesin pesawat yang lalu berganti meluas seiring waktu.4. Cataractagenitus yaitu awan meningkat secara setempat di sekeliling riam besar sebab naiknya udara.5. Silvagenitus yaitu awan yang meningkat secara setempat di atas hutan selaku akibat dari kenaikan kelembaban alasannya penguapan dari kanopi pohon.
Untuk gambar lengkap awan-awan gres tersebut silahkan cek di artikel berikut: Jenis Awan Baru