Blogger Jateng

Ada Berapa Cabang Ilmu Geografi Itu Sebenarnya?

Geografi yaitu ilmu yang membicarakan perihal ruang permukaan bumi beserta interaksi yang terjadi di dalamnya. Para ahli geografi telah sejak lama mengemukakan wacana batasan ilmu geografi dan hingga ketika ini cabang ilmu geografi ada dua yaitu geografi insan (human geography) dan geografi fisik (physical geography).
Disamping itu ada juga turunan atau cabang geografi yang lain mirip geografi regional, kartografi dan geografi terintegrasi (geografi lingkungan).
Geografi ManusiaCabang ilmu geografi yang terpenting yaitu geografi insan karena mengcover semua hal ihwal pergerakan manusia dalam ruang permukaan bumi.
Geografi manusia normalnya mengkhususkan pada studi perihal populasi, bagaimana interaksi dan pergantian-pergantian yang terjadi pada insan baik itu persebaran, asal ajakan ras, dan semua aktifitasnya dalam ruang.
Manusia yaitu mahluk yang mendominasi di permukaan bumi sehingga geografi lebih banyak mengulas perihal masalah tersebut.
Dalam perjalanannya, aplikasi modern dari geografi insan adalah pemetaan migrasi manusia, pergerakan kuliner dan dampaknya terhadap komunitas, dan efek perubahan iklim kepada kehidupan manusia pada daerah yang rentan terdampak.
Kota ialah hasil peradaban insan

Beberapa cabang dari disiplin geografi manusia antara lain:1. Geografi Budaya2. Geografi Ekonomi3. Geografi Kesehatan4. Geografi Sejarah5. Geografi Politik6. Geografi Populasi7. Geografi Desa8. Geografi Sosial9. Geografi Transportasi10. Geografi Kota
2. Geografi FisikGeografi fisik ialah cabang utama geografi yang mengkhususkan studi pada fenomena alam di ruang permukaan bumi atau litosfer.
Geografi fisik akan menenteng kita menjelajah kenampakan daratan, relief permukaan bumi dan juga menyaksikan apa yang terdapat pada lapisan es atau dalamnya lautan.
Peneliti akan memakai satelit untuk menganalisis daratan benua antartika, atau melihat rona dasar maritim dalam menggunakan sonar dan memetakan lantai samudera.
Cabang disiplin geografi fisik antara lain:1. Geology2. Geomorfologi3. Klimatologi4. Hidrologi5. Glasiologi6. Biogeografi7. Meteorologi8. Paleontologi
Lapisan es di permukaan bumi