Blogger Jateng

Apakah Jualan di Tokopedia Bayar 2022

 Berapa persen biaya admin Tokopedia yang ditanggung Seller atau penjual saat menjual bara Apakah Jualan di Tokopedia Bayar 2022Apakah Jualan di Tokopedia Bayar - Berapa persen biaya admin Tokopedia yang ditanggung Seller atau penjual saat menjual barang dagangannya?
Kira-kira seperti itulah pertanyaan yang kerap muncul saat seseorang hendak berjualan di Marketplace yang identik dengan warna hijau itu.

Seperti perusahaan Marketplace lainnya, biaya admin Tokopedia Seller juga ditentukan berdasarkan presentase dari nilai transaksi penjualan.

Itulah mengapa, biaya admin jualan di Tokopedia berbeda untuk masing-masing penjual ataupun transaksinya.

Yang harus anda ketahui adalah, Tokopedia menerapkan tingkatan seller yang nantinya akan berpengaruh pada biaya admin Tokopedia Seller.

Kategori tingkatan penjual ini meliputi Power Merchant, Reguler Merchant dan Power Merchant Pro.

Lalu, apakah jualan di Tokopedia bayar? Selengkapnya simak dalam pembahasan artikel dibawah ini.


Apakah Jualan di Tokopedia Bayar


1. Apakah Jualan di Tokopedia Bayar

 Berapa persen biaya admin Tokopedia yang ditanggung Seller atau penjual saat menjual bara Apakah Jualan di Tokopedia Bayar 2022
Apakah Jualan di Tokopedia Bayar
Ada beberapa perbedaan yang mencolok antara regular Merchant dan Merchant Pro seperti sistem verifikasi, kriteria penjual, tampilan badge toko, rangking pencarian dan keikutsertaan dalam promo.
Singakatnya, penjual dengan status power merchant dan power merchant pro tentunya menikmati berbagai kelebihan jika dibandingkan dengan seller yang status regular merchant.

Akan tetapi konsekuensinya, biaya admin Tokopedia seller yang harus ditanggung tentu akan lebih tinggi.

Jadi, bagi pedagang regular merchant yang memenuhi syarat, tentu dapat melakukan Upgrade tokonya menjadi Power Merchant.

Dikutip dari laman resmi Tokopedia, biaya admin Tokopedia seller untuk status power Merchant adalah 1,25 persen dari harga produk yang terjual.

Untuk biaya admin Tokopedia seller dengan status power Merchant Pro, di tetapkan sebesar 1,5 persen dari nilai jual barang.

Biaya admin Tokopedia seller berlaku sejak 14 juni 2021.

Sedangkan biaya admin Tokopedia dengan status keanggotaan regular merchant hanya dikenakan sebesar 0,5 persen dari nilai produk terjual.

Selain itu, Toko hijau ini juga membebaskan biaya layanan untuk penjual dengan status regular merchant untuk 100 transaksi pertama (Alias Gratis).

Biaya admin Tokopedia sudah termasuk pajak pertambahan nilai (PPN), biaya admin Tokopedia ini juga dipotong secara otomatis dari pendapatan penjualan.

Baca Juga : Cara Posting Jualan di Tokopedia

2. Biaya Admin Tokopedia Bebas Ongkir

 Berapa persen biaya admin Tokopedia yang ditanggung Seller atau penjual saat menjual bara Apakah Jualan di Tokopedia Bayar 2022
Biaya Admin Tokopedia Bebas Ongkir
Perlu diketahui, penjual atau seller juga akan dikenakan biaya tambahan kalau ikuti serta dalam program gratis ongkir yang disediakan.
Untuk penjual dengan status power Merchant akan dikenakan biaya admin Tokopedia gratis ongkir sebesar 2,25%.

Potongan itu dengan maskimal Rp 10.000 per produk yang terjual atau senilai maksimal bebas ongkir yang diterima pembeli.

Sedangkan untuk penjual dengan status power Merchant pro, biaya admin Tokopedia seller bebas ongkir adalah sebesar 1,15 persen.

Tentu dengan maksimal Rp 10.000 atau senilai maksimal bebas ongkir yang diterima pembeli.

Biaya admin Tokopedia seller untuk layanan bebas ongkir paling tinggi yaitu untuk penjual dengan status regular merchant, yaitu sebesar 3% dengan maksimal pembelian Rp 10.000 atau setera dengan ongkir yang diterima pembeli.

Untuk lebih jelasnya, berikut kami uraikan kriteria dari masing-masing status keanggotaan seller di Tokopedia.


A. Regular Merchant

  • Tidak perlu verifikasi untuk menjadi penjual.
  • Tidak ada syarat dan kriteria.
  • Tidak ada Badge toko
  • Rangking pencarian paling rendah
  • Tidak ada dukungan promosi.
  • Biaya admin Tokopedia seller 0,5 persen.
  • Biaya keikutsertaan gratis ongkir sebesar 3 persen.

Baca Juga : Cara Menjadi Dropship di Tokopedia

B. Power Merchant

  • Membutuhkan verifikasi KTP.
  • Skor performa toko minimal 60.
  • Toko mempunyai badge bagus.
  • Rangking pencarian lebih tinggi daripada regular merchant.
  • Terdapat fasilitas promosi dari Tokopedia.
  • Biaya admin Tokopedia seller sebesar 1,25 persen.
  • Biaya keikutsertaan gratis ongkir sebesar 2,25 persen.


C. Power Merchant Pro

  • Rangking pencarian lebih tinggi dari pada Power Merchant.
  • Ada fasilitas promosi dari Tokopedia.
  • Biaya dmin Tokopedia seller sebesar 1,5 %.
  • Biaya keikutsertaan gratis ongkir sebesar 1,5 persen.

Baca juga : Cara Berjualan di Tokopedia Untuk Pemula

Akhir Kata

Bagaimana, apakah anda masih bingung dengan perghitungan dari toko hijau? Jika iya, silahkan simak ulasan diatas agar anda lebih mengetahuinya.

Bagi anda yang ingin memulai usaha dengan berjualan di Tokopedia, pastikan anda sudah mengetahui biaya potongan admin yang dikenakan.

Untuk mendapatkan informasi terbaru, anda bisa membagikan artikel ini kepada teman atau kerabat yang juga belum mengetahui informasinya.

Itulah seluruh bahasan kita pada artikel kali ini mengenai apakah jualan di Tokopedia bayar. Sekian dan semoga bermanfaat.