Blogger Jateng

Cara Mengubah Alamat IP Laptop 2022

 Bagi Anda yang sering menggunakan internet untuk bermain sosial media Cara Mengubah Alamat IP Laptop 2022Cara Mengubah Alamat IP Laptop - Bagi Anda yang sering memakai internet untuk bermain sosial media, game, bekerja atau program lainnya, tentu saja sudah sangat familiar atau tidak gila dengan alamat IP atau IP Address.

Karena menyerupai suatu alamat, IP Address (Internet Protocol Address) sungguh penting bagi para pengguna internet.

IP Address sendiri adalah serangkaian formasi angka yang dijadikan selaku alamat identitas masing-masing komputer atau identitas numerik yang dilabelkan terhadap suatu alat mirip komputer, router, atau printer yang terdapat dalam suatu jaringan computer selaku fasilitas komunikasi.

Bila IP Address yang digunakan bermasalah, otomatis jaringan internet di laptop atau perangkat lain pun akan terganggu.


Pembahasan Cara Mengubah Alamat IP Laptop

Sebagai pengguna laptop atau komputer, sering kali ada kalanya Anda mesti mengganti IP address perangkat tersebut, biar mampu terhubung dengan server.

Selain itu, mengubah alamat IP juga bermaksud untuk membatasi orang lain mengenali identitas dan lokasi di mana Anda berada.

Sedangkan kegunaan dari IP address atau alamat IP adalah seseorang yang sedang memakai IP tersebut mampu dilacak lokasinya, sehingga IP address bisa mengusik program yang dianggap privasi.

IP yang didapatkan secara manual dan tidak akan berganti-ubah disebut dengan IP statis yang sering digunakan pada jaringan local.

Berbeda dengan IP address yang didapat secara otomatis dari server dan mampu berubah-ubah disebut dengan IP dinamis dan ditemukan dari router yang menggunakan DCHP server.

Nah, berikut ini kami bagikan cara mengubah alamat IP laptop yang bisa dipelajari dan diterapkan.


Cara Mengubah Alamat IP Laptop


Cara Mengubah Alamat IP Laptop tanpa Aplikasi

 Bagi Anda yang sering menggunakan internet untuk bermain sosial media Cara Mengubah Alamat IP Laptop 2022
Cara Mengubah Alamat IP Laptop tanpa Aplikasi
Untuk mengubah alamat IP laptop, prosesnya bisa dikerjakan tanpa perlu menggunakan aplikasi pihak ketiga guys.
Karena Anda hanya memanfaatkan sajian dan fitur yang di perangkat laptop yang akan diubah IP Address nya.

Adapun cara mengganti alamat IP laptop tanpa aplikasi mirip berikut ini:
  • Untuk langkah pertama, Anda harus membuka Network and Sharing Center melalui Control Panel> Network and Internet> Network and Sharing Center.
  • Bila ingin cara yang lebih mudah, Anda bisa membukanya melalui Run dengan cara tekan tombol Windows+R, kemudian ketikkan “exe/name Microsoft NetworkAndSharingCenter” tanpa tanda petik, kemudian tekan Enter.
  • Setelah itu pilih Change adapter settings.
  • Kemudian pilih adapter mana yang ingin Anda ubah alamat IP nya. Misalkan Anda ingin mengganti IP Address pada adapter LAN, maka seleksilah Ethernet. Pada contoh kali ini, kami ingin mengubah IP Address pada adapter wifi dengan cara klik kanan adapter Wi-Fi kemudian pilih Properties.
  • Selanjutnya, carilah Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4) dan bila sudah ditemukan silahkan klik 2x.
  • Lalu pilih User the following IP address kemudian ketikkan IP address yang Anda kehendaki. Isi juga Default gateway dan DNS server jika diperlukan.
  • Bila telah, maka Anda pribadi klik OK untuk menyimpan pengaturan dan IP Address sukses diubah.

Akhir Kata

Demikian cara yang mampu dipelajari dan dipraktekkan, kalau ingin mengubah alamat IP di perangkat laptop atau komputer Anda.

Walaupun proses di atas tidak menggunakan aplikasi dan langkah-langkahnya lumayan mudah, maka Anda perlu mempelajarinya terlebih dahulu.
Sehingga proses yang dilaksanakan berhasil dan Anda bisa internetan dengan kondusif dan tenteram memakai IP Address yang gres.
Itulah seluruh isi postingan kami kali ini ihwal cara mengganti alamat IP laptop 2022. Semoga berguna dan selamat mencoba.