Blogger Jateng

Cara Menjual Foto di Internet 2022

 Menjual foto ke internet sepertinya menjadi hal yang perlu dipahami oleh para Fotografer Cara Menjual Foto di Internet 2022Cara Menjual Foto di Internet - Menjual foto ke internet sepertinya menjadi hal yang perlu dipahami oleh para Fotografer.
Pasalnya, kini penghasilan fotografer tidak hanya berasal dari jasa memotret saja, namun juga dapat berasal dari pemasaran foto miliknya di internet.

Terdapat banyak situs yang mampu menjadi tempat perdagangan foto online, salah satu dari situs yang paling populer adalah, Shutterstock.

Pada situs tersebut, setiap orang mampu memasarkan foto yang kesudahannya bisa dengan harga yang cukup menguntungkan.

Lalu, bagaimana cara menjual foto di internet? Untuk isu selengkapnya silahkan simak pembahasan dibawah ini.


Cara Menjual Foto di Internet


1. Syarat Menjual Foto Secara Online

 Menjual foto ke internet sepertinya menjadi hal yang perlu dipahami oleh para Fotografer Cara Menjual Foto di Internet 2022
Syarat Menjual Foto Secara Online
Sebelum membahas ihwal cara memasarkan foto di internet, alangkah baiknya jikalau anda mengetahui apalagi dahulu beberapa syarat yang diharapkan.

A. Jenis File dan Resolusi Foto Harus Sesuai

Syarat pertama yang harus dipenuhi ketika ingin menjual foto di Shutterstock ialah jenis file dan resolusi foto mesti sesuai ketentuan.

Platform Shutterstock mendatangkan foto yang di unggah pengguna memiliki reolusi sekurang-kurangnya4 megapixel.

Sedangkan untuk jenis file, Shutterstock mensyaratkan foto yang mau di unggah mesti dengan format JPEG, Vector, dan Eps.

Tapi untuk file Vektor, pemilik toko mesti mengunggah file .eps saja semoga mampu dijual di Platform tersebut.


B. Kualitas Foto Baik

Selanjutnya yang harus diamati ialah kualitas foto yang hendak di unggah, tentukan foto yang anda miliki mempunyai mutu terbaik.

Berikut beberapa faktor yang menunjang mutu foto, diantaranya, percahayaan, fokus foto sampai noise yang dihasilkan.

Foto dengan mutu yang bagus, maka potensi lolos seleksi dan terjual juga semakin besar.


C. Foto Tidak Mempunyai Unsur SARA

Shutterstock tak menerima foto yang mengandung SARA (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan).

Karena itulah, tentukan foto yang mau anda jual di Platform tersebut tidak mengandung komponen tersebut karena yang mengandung SARA secara otomatis terblokir dan tak akan di Review.


2. Cara Menjual Foto di Internet Via Shutterstock

 Menjual foto ke internet sepertinya menjadi hal yang perlu dipahami oleh para Fotografer Cara Menjual Foto di Internet 2022
Cara Menjual Foto di Internet Via Shutterstock
Cara memasarkan foto di internet tidaklah susah, apalagi bila anda sudah memenuhi syarat yang kami bagikan diatas, berikut langkah-langkah untuk menjualnya.

Langkah 1: Lakukan Registrasi

Hal pertama yang mesti anda lakukan yakni melakukan registrasi selaku kontributor, caranya sungguh mudah, anda cuma perlu membuka situs dan mencari hidangan pendaftaran dan klik pilihan untuk mendaftar kontributor.

Setelah itu, isilah formulir dengan lengkap dan benar, lalu konfirmasi Email yang dipakai untuk mendaftar akun Shutterstock dan selesaikan registrasi sampai akun anda bisa dipakai.


Langkah 2: Konfirmasi Akun

Setelah akun final dibentuk, cara jual foto ke internet adalah dengan melaksanakan konfirmasi akun.

Nantinya anda akan diminta untuk mengunggah KTP dan Password selaku kontributor, sebab itu tentukan untuk mempersiapkan dokumen agar registrasi sukses.


Langkah 3: Pastikan anda Memiliki Akun Paypal

Situs Shutterstock mengharuskan kontributornya untuk memiliki akun PayPal, akun itu dipakai untuk transaksi perdagangan foto dengan aman dan mudah.

Makara, pastikan sebelum menjual foto anda sudah memiliki akun PayPal.


Langkah 4: Menyeleksi dan Unggah Foto sesuai Ketentuan

Setelah proses pendaftaran akhir, cara memasarkan foto di internet yang selanjutnya yakni memilih foto, caranya dengan mengunggah potretan dengan kriteria, selaku berikut:
  • Foto hasil karya sendiri.
  • Kalau objek foto orang, maka anda memerlukan model realase. Perlu dimengerti, model release ialah pernyataan kalau versi tersebut menyetujui disirnya digunakan sebagai objek.
  • Foto tidak mempunyai komponen brand dan Watermark dalam foto yang di unggah.
  • Setelah semua foto tersebut sesuai tolok ukur, anda bisa eksklusif mengunggah foto ke platform Shutterstock.


Langkah 5: Tunggu Riview dari Pihak Shutterstock

Foto yang telah sukses di unggah akan eksklusif di review oleh pihak Shutterstock, jikalau lolos seleksi maka foto tersebut akan pribadi masuk ke situs web Shutterstock.

Sedangkan foto yang tak lolos seleksi akan dipending oleh pihak Shutterstock.

Pihak Shutterstock juga akan menunjukkan anjuran untuk merevisi foto tersebut, dengan anjuran tersebut dibutuhkan kontributor bisa memasarkan foto di Shutterstock dengan sukses.


Langkah 6: Shutterstock akan Mengirimkan Informasi Pendapatan

Foto yang sudah lolos seleksi akan eksklusif dibeli pihak Shutterstock, dengan begitu anda akan menemukan informasi pemasukan yang diperoleh dari hasil memasarkan foto di Shutterstock.

Tapi, untuk menikmati hasil dari cara jual foto di Shutterstock, tentukan saldo PayPal yang anda punya sudah menjangkau 200 dollar.

Setelah itu anda bisa mempesona saldo tersebut ke rekening Bank yang anda miliki.


Akhir Kata

Demikianlah beberapa cara yang harus anda ikuti kalau ingin menjual foto di Internet, tentukan anda mengerti caranya agar proses berhasil.

Dengan mempergunakan akomodasi tersebut, anda bisa menerima penghasilan komplemen lewat karya-karya yang anda miliki.

Jika anda memiliki hasil jepretan yang cantik dan ingin menemukan penghasilan dari itu, situs Shutterstock bisa anda manfaatkan.

Itulah seluruh pembahasan kita pada artikel kali ini ihwal cara menjual foto di internet. Sekian dan semoga berguna.