Blogger Jateng

Cara Sinkron Dapodik 2022

 Proses Sinkron Berfungsi untuk mengirimkan isian data yang dilakukan di Aplikasi Dapodik  Cara Sinkron Dapodik 2022
Cara Sinkron Dapodik - Proses Sinkron Berfungsi untuk mengirimkan isian data yang dijalankan di Aplikasi Dapodik dan ialah hal yang sangat penting untuk dilakukan.

Pada Aplikasi Dapodik di tahun 2022 ini, proses sinkron dijalankan memakai akun Kepala Sekolah bukan memakai akun operator Dapodik Tersebut.
Baca Juga : Surat Keterangan Kerja
Sebelum proses sinkron ini dilaksanakan, langkah pertama yang mesti dijalankan oleh operator Dapodik yaitu memutuskan seluruh isian data baik itu data Sekolah, Sarpras, Peserta Didik, GTK, Rombongan Belajar & Jadwal tidak ada yang invalid.

Jika masih ada data yang invalid meskipun hanya satu, maka proses sinkron Dapodik ini tidak berlajan dengan tanpa gangguan.

Dan operator Dapodik diharuskan untuk memperbaiki data tersebut hingga statusnya bermetamorfosis valid.

Perlu anda ketahui di dalam aplikasi Dapodik ini terdapat berbagai program dari pemerintah mirip Program Indonesia Pintar (PIP), Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Sertifikasi Guru dan Bantuan gedung sekolah, semua nya didasarkan pada hasil sinkron Dapodik.

Maka dari itu anda tidak butuhheran jika sampai pada waktu Cutt Off PIP, BOS, Sertifikasi guru dan lain sebagainya. Banyak sekali operator Dapodikdasmen yang ingin melaksanakan proses sinkronisasi ini.

Hal ini sungguh masuk logika terjadi, mengenang jika aplikasi Dapodik ini tidak sukses dijalankan maka besar kemungkinan acara tunjangan dari pemerintah tersebut tidak tersalurkan.

Pembahasan Cara Sinkron Dapodik

Sinkron Dapodik ini yakni sebuah fitur yang berada pada Aplikasi Dapodikdasmen yang berfungsi untuk melaksanakan proses pengantaran data ke server pusat.

Data yang diantartersebut meliputi data yang ada di Dapodik, mulai dari Sekolah, Peserta Didik hingga dengan Jadwal Pemebelajaran.

Dengan melaksanakan sinkronisasi Dapodik, artinya anda sudah melalukan pengiriman data terbaru anda yang telah diperbaiki sebelumnya.

Perlu anda ketahui bahwa aplikasi Dapodikdasmen ini dibuat secara semi offline. Maksudnya perbaikan data yang anda lakukan tidak mampu secara otomatis terkirim ke sentra.

Melainkan nanti data anda akan diantarsecara kolektif atau online dengan memanfaatkan fitur sinkronisasi ini.
Baca juga : Cara Membuat Peta di Google Maps
Bagi anda yang belum tahu bagaimana cara sinkron dapodik ini, silahkan anda mampu simak ulasan dibawah ini.


Cara Sinkron Dapodik


Cara Sinkron Dapodik Dengan Praktis

 Proses Sinkron Berfungsi untuk mengirimkan isian data yang dilakukan di Aplikasi Dapodik  Cara Sinkron Dapodik 2022
Cara Sinkron Dapodik Dengan Mudah
Berikut ini adalah tindakan cara sinkron Dapodik yang bisa anda kerjakan dengan gampang dan cepat.
  • Silahkan Buka dan Login pada Aplikasi Dapodik yang menggunakan operator Dapodik, jika belum mempunyai anda bisa mengunduhnya melalui link yang kami sediakan Download Aplikasi Dapodik.
  • Kemudian klik hidangan Pengaturan dan pilih "Akses Tukar Pengguna".
  • Setelah itu anda masukkan Kode Registrasi dan klik OK.
  • Pilih akun kepala sekolah dan anda klik lagi "Tukar Pengguna".
  • Selanjutnya anda klik sajian "Validasi".
  • Silahkan lakukan validasi pada seluruh tabulasi (Sekolah, Peserta Didik, Rombongan Belajar, Jadwal Pembelajaran, Nilai dan Refrensi).
  • Pastikan sehabis validasi tidak ada data yang valid.
  • Berikutnya anda klik hidangan "Sinkronisasi" dan pada lembar Konfirmasi klik tombol "Lanjut".
  • Setelah itu berikan cek list atau tanda centang pada seluruh isian data, kemudian anda klik tombol Konfirmasi isian Dapodik.
  • Terakhir klik tombol lanjut Sinkronisasi dan Tunggu hingga akhir.

Baca Juga : Cara Hack Nilai Mata Kuliah

Akhir Kata

Nah itulah langkah-langkah yang mampu kami bagikan buat anda ikuti jika ingin melakukan sinkron Dapodik.

Bagaimana, sangat gampang bukan untuk dilaksanakan? sehingga anda tidak membutuhkan waktu lama.
Silahkan anda ikuti tindakan diatas jikalau ingin melakukan Sinkron Dapodik, kalau info ini penting anda bisa bagikan ke teman-sobat anda.

Itulah seluruh bahasan kami pada postingan kali ini ihwal cara sinkron Dapodik 2022. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.