Blogger Jateng

Cara Verval Ijazah Di Info GTK 2022

 Sebagaimana yang anda ketahui bahwa laman Info GTK awalnya ditujukan untuk mengetahui ten Cara Verval Ijazah Di Info GTK 2022Cara Verval Ijazah di Info GTK - Sebagaimana yang anda pahami bahwa laman Info GTK awalnya ditujukan untuk mengenali perihal data diri yang sukses dikirim dari aplikasi Dapodik terkait data individu PTK.

Khususnya untuk anda yang sudah memiliki sertifikat pendidik paling tidak setiap 6 bulan sekali atau tiap semester mesti menilik berita GTK untuk melihat ihwal status validasi pemberian profesi milik anda.

Dengan seiring perjalanan waktu laman Info GTK juga digunakan oleh Ditjen GTK Kemdikbud selaku daerah proses verifikasi dan validasi ijazah Pendidik dan Tenaga Kependidikan.

Hal ini dimulai pada ketika akan dilaksanakannya seleksi PPPK jabatan guru, dimana guru yang mau melamar PPPK diwajibkan untuk melaksanakan verva ijazah di laman Info GTK.

Baca Juga : Cara Daftar Kartu Prakerja Online
Bagi anda yang berprofesi selaku guru maupun tenaga kependidikan yang telah terdata di Dapodik, maka anda mampu melaksanakan verval ijazah ini.


Cara Verval Ijazah Di Info GTK


Cara Verval Ijazah Di Info GTK Terbaru

 Sebagaimana yang anda ketahui bahwa laman Info GTK awalnya ditujukan untuk mengetahui ten Cara Verval Ijazah Di Info GTK 2022
Cara Verval Ijazah Di Info GTK Terbaru
Cara verval ijazah di informasi GTK tidak jauh berbeda dengan verval ijazah yang pernah dikerjakan oleh kandidat pelamar PPPK dulu.
Baca Juga : Cara Cek Tagihan BPJS
Berikut ini adalah cara verval ijazah di Info GTK modern yang bisa anda ikuti:
  • Hal pertama yang mesti anda lakukan, masuk ke laman Info GTK Kemdikbud melalui link https://gosip.gtk.kemdikbud.go.id/
  • Selanjutnya, login memakai email dan password yang sudah dibuat oleh operator Dapodik.
  • Setelah itu, silakan anda menguhubungi operator Dapodik di sekolah anda untuk menerima akun login Info GTK ini.
  • Setelah berhasil masuk, bila anda menggunakan laptop silakan lihat di sebelah kanan pada hidangan
  • Status Verval Ijazah S1/D4. Apabila ada ukiran pena "Anda belum melakukan verval ijazah", kemudian klik "Verval Ijazah"
  • Setelah itu, akan muncul pop up berikutnya klik "Click ini untuk verval ijazah S1/D4".

Demi mempertahankan validitas data ijazah sesuai dengan data yang telah terdaftar pada database perguruan tinggi dan pangkalan data DIKTI, maka pastikan data acara studi anda sudah terverifikasi sesuai dengan Ijazah.

Sebagai Catatan:
  • Verval Ijazah ini WAJIB dikerjakan oleh guru yang bersangkutan (BUKAN OLEH OPERATOR SEKOLAH).
  • Bagi anda yang lulusan sesudah tahun 2002, tentukan data ijazah anda terdaftar pada PD DIKTI, kalau data anda tidak terdaftar pada PD DIKTI secepatnya koordinasi dengan perguruan tinggi tinggi tinggi dimana ijazah tersebut diterbitkan.
  • Sedangkan untuk lulusan sebelum 2002, mampu memakai verval ijazah dengan upload berkas ijazah
  • Untuk Perguruan Tinggi yang sudah mengubah nama, bisa menggunakan nama perguruan tinggi tinggi yang gres kalau nama sekolah tinggi tinggi lama tidak didapatkan
  • Setelah itu anda akan diarahkan ke halaman baru, yakni integrasi data dengan PD Dikti (Pangkalan Data Pendidikan Tinggi)
  • Pada ketika anda memasukkan atau mengetik nama akademi tinggi, sebagai contoh disini aku ketikkan Mulawarman maka akan timbul Universitas Mulawarman.
  • Kemudian sehabis dipilih ketik nama program studi, teladan disini saya ketik "pendidikan guru" maka akan timbul 2 pilihan adalah "Pendidikan Guru Anak Usia Dini dan Pendidikan Guru SD", dan sudah tentu saja anda harus menyesuaikan dengan ijazah guru yang lulusan PGSD. Maka anda pilih "Pendidikan Guru Sekolah Dasar".
  • Setelah itu input NIM atau Nomor Induk Mahasiswa, kemudian klik "Cek".
  • Jika data yang dimasukkan sudah benar, maka akan muncul "data guru ybs"
  • Lalu klik "SIMPAN".


Jika Muncul Tulisan Data Tidak Ditemukan

  • Jika muncul tulisan "Data Tidak Ditemukan" maka silahkan unggah manual dokumen lewat tautan selanjutnya klik "Unggah Dokumen".
  • Kemudian anda akan diarahkan ke halaman gres.
  • Berikutnya ketik nama perguruan tinggi, nama program studi. Hati-hati ketika menentukan prodi ini jangan salah memilih prodi.
  • Selanjutnya masukkan NIM, Nomor Ijazah dan Tanggal Ijazah, lalu klik Browser berikutnya cari file di komputer.
  • Lalu klik "Simpan".

Baca Juga : Cara Membuat Kartu Keluarga Online
Dalam proses verval ijazah disini memang agak lambat khususnya saat menunggu kedatangan nama prodi, jadi anda pastikan data yang diinput benar mesti teliti dan cermat.


Akhir Kata

Demikian cara verval ijazah yang bisa anda coba ikuti di isu GTK karena caranya juga tidak jauh berlawanan dengan verval ijazah oleh calon pelamar PPPK dahulu.

Dalam proses anda melakukan verval ijazah pun, anda mesti sungguh-sungguh teliti semoga tidak terjadi kesalahan pada data diri.

Anda yang berprofesi selaku guru yang akan melamar PPPK diwajibkan untuk melaksanakan verva ijazah di laman Info GTK ini, ya!.

Semoga cara diatas mampu berguna buat anda yang sedang mencari tahu tentang cara verval ijazah di laman informasi GTK.

Itulah seluruh isi artikel kita kali ini mengenai cara Verval Ijazah di informasi GTK. Sekian dan selamat mencoba.