Blogger Jateng

Pembahasan Kunci KSM Geografi Kota/Kab 2021 No 11-15

Assalamualaikum sobat-sahabat, adik-adik pejuang KSM Geografi se nusantara Indonesia. Kali ini kita lanjut lagi ya bahas contoh pembahasan soal KSM tahun lalu.
Jangan lupa untuk selalu share blog ini ke sobat-sobat lain ya di grup medsos kalian. Selamat mencar ilmu dan semoga sukses di KSM tahun ini.
11. Perhatikan dengan cermat peta berikut!
Jika pada kawasan yang dipetakan tersebut terjadi insiden tsunami, maka gelombang tsunami yang terbesar akan terjadi pada daerah yang ditunjukkan pada titik yang ditandai dengan angka …a. 1b. 2c. 3d. 4e. 5
KunciNah ini kalian mesti tahu mekanisme perambatan sebuah gelombang (tsunami itu kan gelombang maritim). Lihat di peta, angka no 2 itu kan kawasan teluk. Tau teluk?. Wilayah yang menjorok ke daratan. Tsunami di daerah teluk lebih berbahaya dibandingkan di tempat pesisir terbuka jika berasal dari suatu gempa yang serupa lokasi dan besarannya.
Ada aspek yang bisa memperkuat gelombang tsunami di wilayah tersebut, adalah dinding teluk. “Kalau gelombang masuk lalu sampai kepala teluk, terefleksi lagi gelombangnya, ketemu sama gelombang datang jadi makin membesar. Jadi makin sempit terusan air maka energi akan kian tinggi dan merusak. Kasus ini mirip yang terjadi di tsunami Palu tahun 2018.
12. Cermati ayat Alquran berikut!Makna yang terkandung dari dua ayat Quran di atas adalah …a. Terjadinya paceklik yang berkepanjanganb. Pentingnya berhemat bahan makanc. Pentingnya bercocok tanamd. Upaya mitigasi peristiwa
Kuncibelum tau, mohon sumbangan yang siswa/i santri. boleh komen di bawah nanti
13. Beberapa kawasan di Indonesia yang secara geologis memiliki peluanguntuk dikembangkan pembangkit listrik tenaga panas bumi adalah selaku berikut …a. Jawa Barat, Lampung, Sumatera Utara, Nusa Tenggara Timurb. Sulawesi Utara, Bangka Belitung, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Tenggarac. Jawa Tengah, Kalimantan Barat, Bali, Sumatera Barat, Jawa Timur, Sulawesid. Gorontalo, Kalimantan Timur, Maluku Utara, Naggroe Aceh Darussalam
KunciTenaga panas bumi atau geotermal itu berasal dari aktivitas vulkanisme. Nah tidak semua daerah yang memiliki gejala vulkanisme itu mampu dibuat pembangkit geotermal. Hanya wilayah ladang cekungan geotermal atau mirip katel yang bisa digunakan. Contohnya di Kamojang, Dieng, itu kan daerah mangkok besar.
Kalau di lihat secara peluangmaka tempat yang banyak gunung api atau berada di jalur ring of fire yang bisa di eksplorasi untuk geotermal. Contohnya pada pilihan A.
14. Nabi Shallallahu ‘alaihi wassallam bersabda:a. Apa yang diungkapkan hadis di atas membawa implikasi …b. Berkembangnya teknologi eksplorasi sumberdaya alamc. Semakin menyusutnya cadangan sumberdaya alamd. Eksploitasi suberdaya alam yang berlebihane. Semakin banyaknya pertambangan emas
KunciBelum tahu, silahkan bantu di komen
15. Dari beberapa ayat Alquran berikut yang merupakan amanah untuk menjaga kelestarian lingkungan hidup yakni …
KunciBelum tahu, silahkan bantu di komen.