Blogger Jateng

Sejarah, Makna Filosofis Asal Mula Bendera Merah Putih Indonesia


Mungkin penduduk Indonesia sebagian besar hingga dikala ini masih belum tahu sejarah mengapa bendera Indonesia itu merah putih, kok tidak warna warni seperti Italia, Jerman, Perancis atau seperti Amerika Serikat ada garis-garis dan lainnya.
Ternyata warna merah putih itu memiliki makna filosofis dan historis yang saling bekerjasama satu sama lain, tidak mampu terpisahkan.
Nah saya coba berikan ringkasan sejarah perihal asa ajakan bendera merah putih Indonesia yang sakral. Lahirnya bendera merah putih tidak terlepas dari sejarah akad kemerdekaan dari Jepang tahun 1944.
Jadi warna bendera itu mempunyai makna filosofis, tidak asal datang-datang lahir begitu saja. Indonesia menentukan merah putih sebab merah melambangkan keberanian dan putih melambangkan kesucian.
Makara merah putih melengkapi satu sama lain mirip jiwa dan raga. Indonesia telah sungguh usang dijajah bangsa ajaib dan dengan perjuangan darah dan segenap tulang badan mati-matian keluar dari belenggu tersebut.
Ternyata warna merah putih juga berdasarkan catatan sejarah, pernah digunakan oleh aneka macam kerajaan besar mirip Majapahit, Sriwijaya, Bugis dan yang lain sebagai panji kerajaan dan dibawa dikala perang.
Istri Soekarno ialah Fatmawati yaitu orang pertama yang menjahit bendera pusaka Merah Putih Indonesia dan dikibarkan saat proklamasi 17 Agustus 1945.
Kekalahan Jepang di Perang Pasifik membuat mereka tersudut sehabis bom atom merusak Hiroshima dan Nagasaki. Lalu Jepang kemudian memperlihatkan kesepakatan kemerdekaan dan direspon oleh Soekarno, Hatta dan founding father lain.
Selanjutnya diadakanlah sidang tidak resmi oleh Chuo Sangi In (Badan pembantu pemerinah pendudukan Jepang). Sidang dihelat pada 12 September 1944 dipimpin langsung oleh Soekarno dengan program pembahasan perihal bendera dan lagu kebangsaan Indonesia.
Bendera Merah Putih berbahan katun halus hasil jahitan Fatmawati (setara dengan jenis primissima untuk batik tulis halus) dengan panjang 300cm dan lebar 200cm karenanya berhasil dibentuk. Pada Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945, bendera merah putih tersebut dikibarkan oleh Latief Hendraningrat dan Suhud
Hingga kini bendera merah putih menjadi lambang resmi negara Indonesia. Itulah sedikit sejarah singkat bendera merah putih Indonesia, jadi kita harus menghormati usaha para pendiri bangsa yang telah mengorbankan darah dan kesucian mereka demi tegaknya negara Indonesia.
Oh..iya bagi yang sekarang sedang mencari bendera buat 17 Agustusan atau keperluan lain, silahkan cek promonya di shopee berikut >> Promo Bendera Merah Putih