Blogger Jateng

Danau dan Jenis-Jenisnya

Danau merupakan tempat air berkumpul dan kebanyakan terletak di daerah yang lebih rendah/cekungan. Ada aneka macam danau di bumi ini dan berdasarkan proses terjadinya atau genesanya, danau di Indonesia diklasifikasikan sepeti berikut:
Danau Tektonik Danau tektonik disebabkan oleh gaya endogen ialah tektonisme. Akibat adanya pergeseran atau rekahan pada lapisan batuan maka terbentuklah suatu cekungan yang berisi air. Contoh danau tektonik ialah Danau Poso di Sulawesi Tengah, Danau Towuti di Sulawesi Selatan, Danau Singkarak di Sumatera Barat dan Danau Maninjau di Sumatera Barat. Baca juga: Jenis-jenis hujan
Danau Vulkanis Danau vulkanis terbentuk karena adanya aktifitas gunung api yang meletus dan mengeluarkan gas. Danau vulkanis ada tiga jenis yakni danau maar, danau kawah dan danau kaldera. - Danau maar terbentuk dari sisa gunung api yang meletus satu kali kemudian setelah itu mati. Contohnya Telaga Menjer di selatan Dataran Tinggi Dieng. - Danau kawah terbentuk karena adanya kawah gunung api yang meletus kemudian mengalir ke sebuah daerah. Contohnya Kawah Galunggung, Kawah Ijen dan Kawah Kelimutu. - Danau Kaldera terbentuk alasannya letusan besar sehingga membentuk cekungan luas seperti Kaldera Tambora dan Kaldera Bromo. Baca juga: Kerak samudera dan kerak benua
Danau merupakan tempat air berkumpul dan pada umumnya terletak di daerah yang lebih rendah Danau dan Jenis-Jenisnya
Waduk Jatigede Sumedang, pic: kompas
Danau Tektovulkanik Guguran tektovulkanik terbentuk karena kombinasi erupsi mahir dan tanah yang runtuh tamat banyaknya batuan beku gunung api saat erupsi. Contohnya Danau Toba dan Danau Batur.
Danau Laguna Danau laguna terbentuk alasannya bagian tanah tertutup endapan air sungai yang dihanyutkan oleh air maritim.
Danau Gletser Danau gletser yakni danau yang terbentuk sebab mencairnya gletser. Danau ini banyak terdapat di tempat Kanada. Baca juga: Batas lempeng tektonik
Danau Dolina Danau dolina terdapat di daerah karst atau kapur. Pembentukannya diawali dari adanya air yang menerobos masuk ke dalam pori tanah. Pada cuilan tertentu yang kedap,  air lalu tertahan sehingga terkumpul dan membentuk danau mirip di Telaga Jambu Gunung Kidul.
Danau Lembah Danau lembah terjadi dari tanah bekas letusan gunung api contohnya Danau Tondano di Sulawesi Utara dan Danau Tawar di Gayo Aceh.
Danau Buatan Merupakan danau yang sengaja dibentuk insan untuk kepentingan tertentu seperti Waduk Jatiluhur, Waduk Jatigede dan Waduk Sempor. 

Baca juga:  
Rumus titik henti pasti 
Soal USBN Geografi 2018 dan jawabannya