Blogger Jateng

Perbedaan OSN Geografi dan Kebumian

Halo sobat-teman sekalian bagaimana kabarnya hari ini, biar sehat senantiasa dan tetap produktif. Kali ini saya akan memberikan sedikit gosip pelaksanaan Olimpiade Sains Nasional atau OSN yang umum menjadi acara tahunan siswa-siswi Indonesia.

 Saya disini akan membahas bedanya soal OSN Kebumian dengan Geografi. Saya sejak beberapa tahun lalu mendampingi siswa/i untuk tutorial OSN Kebumian dan Geografi.
Pada dasarnya baaik bidang Kebumian dan Geografi mempunyai objek studi yang serupa ialah Bumi selaku sebuah planet. Lalu dimana perbedaannya?. 

Geografi memiliki kajian yang lebih luas dibandingkan kebumian alasannya adalah faktor nya meliputi fisik dan sosial. Soal-soal OSN Geografi memadukan antara pengetahuan spasial analisis mendalam. Meskipun saya ILMUGURU tetapi kalau menentukan, aku lebih senang membimbing OSN Kebumian.
Soal OSN Geografi menuntut siswa bukan cuma paham perihal lokasi tetapi juga analisanya dan juga pengetahuan biasa . Tak jarang ada soal yang berhubungan dengan fenomena yang sedang terjadi beberapa hari lalu. 
Sementara itu OSN Kebumian lebih terhadap mempelajari kenampakan fisik bumi saja. Dalam hal ini tidak ada aspek manusia (demografi) atau wawasan negara-negara disana. 

Contoh disiplin ilmi kebumian antara lain geologi, vulkanologi, oseanografi, stratigrafi, mineralogi, geomorfologi dan astronomi. Disini kamu akan banyak menerima aneka macam macam perumpamaan kebumian.
Kalau kau mau cari contoh soal OSN Kebumian dan Geografi, silahkan cari di google aja tentu saja banyak yang sudah upload. Makara itulah bedanya soal OSN Kebumian dengan Geografi. 

Kaprikornus opsi ada di tangan kamu sendiri, dan tentunya sesulit apapun soalnya jika kamu telah berguru dengan bersungguh-sungguh maka pasti akan mampu mengerjakannya.
Kalau kamu mau mencari materi OSN Geografi dan Kebumian silahkan cari di blog aku ini. Perbanyaklah mempelajari soal-soal OSN tahun sebelumnya sebab tipe soal senantiasa sama hanya ada adaptasi sedikit saja. Belajarlah pribadi dari soal dan cek langsung di internet. Selamat ber OSN ria.