Blogger Jateng

Soal dan Pembahasan UNBK Sosiologi 2018 No 41-45

Oke sobat-sobat kita sudah sampai di 10 nomor terakhir pembahasan UNBK Sosiologi 2018. Jangan lupa share ke teman-sobat yang lain. Semoga berfaedah.
Pembahasan UNBK Sosiologi

1. Keluarga merupakan lembaga sosial terkecil dan paling mendasar bagi terciptanya kehidupan sosial penduduk . Peranan keluarga selaku lembaga sosial yakni …. a. pemenuhan kebutuhan biologis, emosional, dan pendidikan b. pemenuhan buatan barang dan jasa dalam penduduk
c.memberi antisipasi bagi peranan-peranan pekerjaan
d. selaku perantara perpindahan rekreasi kebudayaan e. konsumsi barang dan jasa dalam masyarakat 
Pembahasan: Salah satu fungsi forum keluarga ialah reproduksi, afeksi, dan pendidikan ialah sarana pemenuhan kebutuhan biologis, memperlihatkan cinta kasih sayang, dan menjadi dasar pendidikan aksara penduduk . Makara, fungsi lembaga keluarga pada soal terdapat pada pemenuhan biologis, emosi, dan pendidikan.
2. Keberadaan sungai menjadi sumber alam yang berpengaruh terhadap kehidupan warga di sekitarnya. Sungai bagi penduduk desa dipakai untuk irigasi, di samping itu juga untuk menangkap ikan. Namun sayangnya, masih banyak yang menangkap ikan menggunakan racun atau setrum dari pada menggunakan jala. Tindakan tersebut mengakibatkan habitat alami dan kelestarian sungai menjadi rusak. Peran penduduk dalam menyebarkan nilai kearifan sosial adalah ….  a. memajukan kesanggupan menangkap ikan secara terbaru
b. membentuk kelompok penduduk cekatan menangkap ikan
c. mengeruk dasar sungai semoga ikan mampu berkembang biak
d. menciptakan hukum tentang menangkap ikan di sungai
e. menjaga sumber air agar sungai tidak menjadi kering

Pembahasan: Pengembangan kearifan setempat di tengah maraknya penangkapan ikan yang dilakukan dengan cara penyetruman yang mampu menghancurkan ekosistem sungai dapat dilaksanakan dengan membuat hukum ihwal menangkap ikan di sungai. Hal ini dilaksanakan supaya penduduk tetap mampu menangkap ikan untuk memajukan perekonomian tanpa menghancurkan kelestarian habitat sungai.
3. Globalisasi dalam bidang teknologi isu sangat kuat dalam kehidupan penduduk utamanya pada generasi muda. Hal ini nampak pada kenaikan penggunaan media sosial pada dewasa yang sungguh intens bahkan cenderung mengusik belajarnya. Sebagian penduduk membentuk komunitas yang mendorong ketertarikan remaja pada kebiasaan membaca. Pemberdayaan komunitas tersebut bermaksud untuk ….  a. meminimalisir tekanan sosial yang dialami remaja dalam globalisasi
b. meminimalisasi efek globalisasi dalam teknologi gosip
c. memajukan kesanggupan remaja dalam mencapai prestasi
d. mempertahankan motivasi belajar pada sampaumur supaya tetap tinggi
e. mendorong remaja lebih bebas melaksanakan acara

Pembahasan: Pembentukan komunitas yang digunakan untuk meningkatkan ketertarikan membaca remaja dijalankan untuk meminimalisiasi efek globalisasi dalam teknologi isu yang mampu mengganggu belajar siswa sehingga dewasa bisa meminimalkan penggunaan handphone secara berlebihan.
4. Kesenjangan pembangunan ekonomi antara sektor perkotaan dan pedesaan mendorong adanya pemberdayaan penduduk desa lewat Koperasi Unit Desa (KUD). Peranan koperasi ini dibutuhkan mampu membantu para petani, dengan cara berbelanja semua hasil panen para petani untuk dijual kembali dengan harga yang cocok dengan harga pasar. Ilustrasi tersebut menawarkan makna eksistensi lembaga sosial dalam pemberdayaan penduduk , ialah ….  a.  Pemerintah tempat melakukan pemberdayaan penduduk .
b. Warga desa dengan gampang bisa melaksanakan dukungan uang.
c. Koperasi Unit Desa (KUD) mampu menyejahterakan warga desa.
d. Seluruh warga penduduk menjadi anggota koperasi.
e. Koperasi memangkas aksi monopoli pedagang nakal.

Pembahasan: Salah satu fungsi lembaga sosial adalah menyejahterakan penduduk . Makara, melalui KUD diharapkan kemakmuran petani semakin meningkat alasannya hasil pertanian akan dibeli oleh KUD sesuai dengan harga yang meningkat .
5. Tabel Perbandingan Rata-Rata Umur Saat Pertama Menikah Perempuan Pedesaan dan Perkotaan Berdasarkan data pada tabel di atas, mampu diinterpretasikan bahwa rata-rata umur ijab kabul pertama antara perempuan di kota dibandingkan dengan desa yakni ….  a. kota lebih tinggi b. desa lebih tinggi c. sama-sama tinggi d. sama-sama rendah e. kota dan desa tidak bertentangan
Pembahasan: Berdasarkan data tampakbahwa umur akad nikah perempuan muda banyak dikerjakan oleh para wanita desa. Sebaliknya, umur wanita kota cenderung banyak menikah pada usia cukup umur yang menjangkau puncaknya 25 – 26 tahun. Kaprikornus, umur awal menikah banyak dikerjakan oleh perempuan desa.