Blogger Jateng

Kisi-Kisi Soal UNBK Geografi SMA 2019

Halo teman-teman sebangsa se tanah air Indonesia, di peluang kali ini ILMUGURU akan coba kupas kisi-kisi soal UNBK Geografi 2019. 

Tentunya kisi-kisi ini disusun berdasarkan teladan soal yang muncul tahun sebelumnya. Silahkan dipelajari dan jangan lupa share ke sobat-teman lain. 

Kisi-Kisi soal UNBK Geografi tingkat Sekolah Menengan Atas ini bukan bocoran soal namun prediksi untuk lebih memfokuskan siswa mempelajari materi.
Bocoran Kisi-kisi UNBK Geografi 2019
1. Menentukan rancangan geografi Tips: Pelajari perihal 10 desain geografi IGI. Latihan menciptakan kalimat-kalimat yang menyatakan desain geografi tersebut. Pasti dalam soal ada paragraf lalu ditanya desain yang terkait.
2. Menentukan prinsip geografi Tips: Pelajari 4 prinsip geografi. Latihan membuat contoh penggunaan 4 prinsip geografi tersebut untuk mendeskripsikan fenomena geosfer.
3. Menentukan pendekatan geografi Tips: Pelajari 3 pendekatan geografi dan cari ciri khas masing-masing pendekatan. Baca berulang-ulang untuk lebih mengerti pendekatan keruangan, kelingkungan dan kewilayahan.
4. Menentukan aspek geografi Tips: Pahami 2 faktor geografi dan coba jabarkan pola fenomena aspek fisik dan non fisik.
5. Menentukan pengaruh rotasi dan revolusi Tips: Pelajari imbas rotasi dan revolusi bumi bagi kehidupan khususnya aktifitas manusia.
6. Menjelaskan efek gerakan lempeng Tips: Pelajari 3 gerakan lempeng tektonik beserta imbas dan contoh fenomena faktual di bumi saat ini.
7. Memahami siklus batuan Tips: Pelajari tentang siklus batuan mulai dari proses, proses yang terjadi dan pergantian yang terjadi di dalamnya. Jangan lupa nama-nama dan ciri batuan juga dibaca.
8. Memahami tenaga endogen dan eksogen Tips: Pelajari tentang morfologi hasil tenaga endogen dan eksogen di permukaan bumi. Lihat contoh gambarnya satu per satu.
9. Memahami tektonisme dan vulkanisme Tips: Pelajari tentang pola-acuan aktivitas tektonisme, erpirogenesa, orogenesa dan vulkanisme mulai dari gempa, menjumlah episentrum, jenis gunung api dan hasil erupsi gunung api.
10. Memahami mitigasi insiden Tips: Pahami perihal tahapan mitigasi bencana dari mulai pra, tanggap darurat dan pasca insiden.
11. Memahami sebaran jenis tanah Tips: Pelajari peta sebaran jenis tanah di Indonesia dengan baik. Coba buat peta sendiri di kertas dan beri informasi.
12. Memahami upaya konservasi tanah Tips: Pelajari upaya mekanik, vegetatif konservasi tanah
13. Memahami lapisan atmosfer Tips: Pelajari lapisan atmosfer beserta karakteristik tiap lapisannya
14. Memahami fenomena angin Tips: Pelajari tentang pergerakan angin muson, angin setempat dan dampaknya bagi kehidupan
15. Memahami jenis-jenis presipitasi Tips: Pelajari ihwal jenis-jenis hujan berdasarkan proses pembentukkannya: orografik, konvektif, frontal.
16. Memahami sebaran bioma Tips: Pelajari ihwal sebaran bioma di dunia dan ciri khas/karakteristik masing-masing bioma tersebut.
17. Memahami kaitan keadaan daerah dengan aktivitas penduduk Tips: Pelajari perihal kaitan kondisi kawasan tertentu dengan kegiatan masyarakatdi dalamnya. Wilayah dataran tinggi, pantai, gurun, sabana, stepa akan berlawanan acara insan di dalamnya. Konsep perkumpulan berlaku disini.
18. Memahami siklus air Tips: Pelajari bagan siklus air beserta proses-proses di dalamnya
19. Memahami contoh aliran sungai Tips: Pelajari acuan-acuan ajaran sungai beserta ciri khas daerahnya masing-masing.
20. Memahami zonasi laut dan pemanfaatannya Tips: Pelajari ihwal zonasi bahari litoral, neritik, abisal, batial dan pemanfaatan masing-masing zona.
21. Memahami sebaran hutan di Indonesia Tips: Pelajari sebaran dan ciri lazim hutan di Indonesia mulai dari hutan tropik, sabana, demam isu, mangrove. Peta lokasi sebaran hutan mesti dipelajari.
22. Memahami sebaran fauna Indonesia Tips: Pelajari sebaran fauna Indonesia barat, tengah dan timur 
23. Memahami sebaran daerah konservasi Indonesia Tips: Cek peta sebaran taman nasional dan cagar alam di Indonesia via web kementrian kehutanan di google.
24. Memahami sebaran materi galian Tips: Pelajari sebaran bahan galian Indonesia, jenis materi galian A,  B, C. Klasifikasi materi galian dan pemanfaatannya.
25. Memahami pemanfaatan materi galian bagi kehidupan Tips: Pelajari perihal pola manfaat aneka macam macam materi galian bagi kehidupan.
26. Memahami peta buta sebaran materi galian Tips: Cari lokasi-lokasi bahan galian di Indonesia, buat peta sebaran sendiri biar lebih mudah diingat.
27. Memahami dinamika penduduk Indonesia Tips: Pelajari tentang persoalan kuantitatif dan kualitatif penduduk Indonesia dikala ini beserta langkah penanggulangannya.
28. Memahami piramida penduduk Tips: Pelajari 3 bentuk piramida masyarakatdan ciri khasnya.
29. Memahami mobilitas penduduk  Tips: Pelajari jenis-jenis migrasi mulai dari urbanisasi, komuter, sirkulasi, repatriasi dll.
30. Memahami acuan tindakan pembangunan berkelanjutan Tips: Pelajari acuan-pola aktivitas yang termasuk konsep pembangunan berkelanjutan dalam kehidupan sehari-hari
31. Memahami bentuk pelestarian lingkungan Tips: Pelajari teladan-pola atau upaya yang termasuk bentuk pelestarian lingkungan 
32. Memahami tindakan yang sesuai pembangunan berkesinambungan Tips: Pelajari acuan langkah-langkah pembangunan berkesinambungan di bidang pertanian, kelautan, ekonomi, transportasi, sosial dll.
33. Mengidentifikasi objek gambaran inderaja Tips: Pelajari komponen spasial gambaran dan latihan menyimpulkan objek berdasarkan ciri-ciri spasil yang nampak mulai dari bentuk, rona, warna, tekstur dll.
34. Memahami pemanfaatan citra inderaja Tips: Pelajari contoh pemanfaatan inderaja di bidang militer, kelautan, lingkungan, SDA, kebencanaan, ekonomi dll.
35. Memahami teknik skala peta Tips: Pelajari cara menambahdan memperkecil peta dan peta topografi
36. Memahami overlay peta Tips: Pelajari tentang mempesona info peta dari 3 atau lebih jenis peta tematik misalnya peta jenis tanah, curah hujan, topografi akan menginfokan lokasi budidaya flora.
37. Menghitung kontur interval Tips: Pelajari rumus hitung kontur interval peta topografi
38. Memahami proyeksi peta Tips: Pelajari 3 proyeksi peta yakni azimuthal, kerucut, silindris dan wilayah yang paling sesuai dipetakan sesuai proyeksi tersebut.
39. Memahami data SIG Tips: Pelajari ihwal jenis-jenis data SIG : spasial, atribut, terestrial dll.
40. Memahami keunggulan SIG Tips: Pelajari perihal kelebihan SIG dari aneka macam sisi.
41. Memahami pemanfaatan SIG  Tips: Pelajari contoh pemanfaatan SIG di bidang ekonomi, sosial, kebencaan, lingkungan dll.
42. Memahami teladan pemukiman Tips: Pelajari huruf contoh pemukiman memusat, menyebar dan memanjang.
43. Memahami tahapan pertumbuhan desa Tips: Pelajari 3 pertumbuhan desa : swadaya, swakarya, swasembada
44. Memahami acuan struktur ruang kota Tips: Pelajari pola ruang kota Bintarto, Burgess, Hoyt dan Ullman
45. Memahami faktor interaksi wilayah Tips: Pelajari 3 faktor interaksi kawasan menurut Ullman
46. Menghitung titik henti Tips: Pelajari rumus hitung titik henti
47. Memahami dampak interaksi desa kota Tips: Pelajari efek konkret dan negatif interaksi desa kota
48. Memahami rancangan kutub perkembangan Tips: Pelajari faktor fisik dan non fisik hadirnya kutub pertumbuhan
49. Memahami ciri negara maju dan meningkat Tips: Pelajari ciri penduduk pada negara maju dan meningkat
50. Memahami peta sebaran negara maju dan meningkat Tips: Pelajari peta sebaran negara-negara maju dan meningkat di setiap benua. Coba buat sendiri biar ingatan lebih tajam.