Blogger Jateng

Contoh Kata Pengantar Singkat dan Padat

Kata pengantar yakni salah satu bagian yang ada pada karya tulis baik itu laporan sampai skripsi. 

Kata pengirim ditulis lazimnya dalam satu halaman dengan isi berbentukucapa syukur, sekilas tentang isi buku/laporan/gesekan pena dan anjuran di bab epilog. 
Membuat kata pengantar karya tulis sebetulnya mudah kalau kita sudah sudah umummenulisnya tetapi bagi yang baru pertama kali atau jarang menulis, tentu saja akan sedikit galau. 

Kali ini aku akan berikan contoh kata pengatar buku saya yang pernah terbit. Silahkan cek di bawah.
Kaprikornus anda mampu membuat kata pengantar dengan baik jikalau anda telah menuntaskan suatu tulisan. Kaprikornus jangan dibalik buat kata pengirim kemudian buat isi buku/laporan misalnya, niscaya kau gundah. 

Meski secara urutan ada di awal sebuah karya tulis namun dalam prosesnya kamu mesti merampungkan dahulu tulisan kau sebelum menulis kata pengirim .
Contoh kata pengantar
KATA PENGANTAR
Geografi merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari fenomena alam dan sosial di permukaan bumi beserta penyebaran dan interelasinya satu sama lain. Bumi merupakan planet yang dinamis dan senantiasa berubah semenjak permulaan pembentukannya sampai dikala ini. Perubahan contoh struktur ruang permukaan bumi akan memiliki imbas pada pergantian-pergeseran yang terjadi pada kehidupan mahluk-mahluk di bumi terutama manusia.   

Manusia selaku mahluk yang secara umum dikuasai di permukaan bumi memerlukan pengetahuan geografi supaya mempunyai kecerdasan spasial yang manis dalam mengurus setiap bagian yang ada dalam ruang permukaan bumi. Tanpa mempunyai kecerdasan spasial yang mumpuni, insan tidak akan bijak dalam mengorganisir lingkungannya sehingga kejadian akan selalu datang cepat atau lambat. 
Mengacu pada hal tersebut penulis menyusun buku paket Geografi untuk tingkat Sekolah Menengan Atas/MA. Buku disusun menurut keperluan  Kurikulum 2013 dengan santunan sumber terpercaya dan dilengkapi gambar, data dan aneka macam fenomena aktual yang terjadi di permukaan bumi akhir-akhir ini. Buku ini dibuat dengan bahasa yang ringan dan gampang dicerna oleh peserta latih tingkat SMA/MA. 
Akhir kata agar buku ini mampu bermanfaat bagi penggunanya dan ilmunya bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Kritik dan anjuran yang membangun selalu terbuka dari pembaca untuk perbaikan buku ini di lalu hari.
Majalengka, Agustus 2018
Penulis