Blogger Jateng

Rangkuman Materi Sejarah: Cara Berfikir Sejarah

Materi pertama dalam pelajaran sejarah kelas 10 adalah ihwal cara berfikir sejarah. 

Dalam bagian ini siswa dituntut untuk mengetahui pengertian sejarah dan desain-rancangan dasar yang berlaku didalamnya. 

Sejarah bukan cuma berkisah perihal kala lalu namun juga mampu menjadi aliran dasar kehidupan di abad depan. Berikut rangkuman singkatnya.

1. Sejarah berasal dari bahasa arab syajaratun yang artinya pohon
2. Sejarah ialah ilmu pengetahuan yang mempelajari segala kejadian atau peristiwa penting yang sudah terjadi di kurun lampau dalam kehidupan manusia
3. Unsur kajian sejarah ialah ruang, waktu dan manusia.
4. Cara berfikir kronologis ialah berfikir secara runtut, terorganisir dan berkesinambungan.
5. Cara berfikir diakronik yakni berfikir tidak secara runtut atau pembatasan waktu.
6. Kronologi ialah ilmu wacana waktu yang menjadi ilmu bantu sejarah dalam menyusun kejadian atau insiden sesuai urutan waktu terjadinya.
Contoh kronologi hidup
 7. Periodisasi sejarah adalah bagain dari sejrah yang bertugas membuat penjabaran dari kejadian-insiden sejarah dalam tahap-tahap dan pembabakan tertentu. Contoh periodisasi sejarah adalah masa kala orde lama, masa kala orde gres, kurun masa orde reformasi.
8. Kronik ialah catatan perjalanan yang ditulis musafir, pendeta dan pujangga di periode kemudian.
9. Kajian sejarah sinkronik ialah mempelajari peristiwa sejarah dengan segala aspeknya pada periode atau waktu tertentu dengan lebih mendalam.
10. Sinkronik dalam sejarah yaitu kajian yang lebih menitikberatkan untuk meneliti gejala-gejala yang meluas dari suatu peristiwa tetapi dengan waktu terbatas.
11. Carara berfikir sinkronik mengajarkan kita semoga lebih seksama memperhatikan tanda-tanda atau fenomena yang terjadi kepada kejadian atau peristiwa di waktu tertentu.
12. Perubahan dalam sejarah yakni insiden atau kejadian yang menciptakan perbedaan dan mampu terjadi cepat atau lambat. Perubahan secara cepat dinamakan revolusi dan pergantian secara lambat dinamakan evolusi.
13. Keberlanjutan ialah kondisi yang sudah berlangsung lama.

Itulah rangkuman bahan ihwal rancangan dan cara berfikir sejarah. Jadi sejarah pada dasarnya berkisah ihwal era kemudian dan mampu memprediksi abad depan. 

Jangan sampai sejarah kelam terulang kembali di periode depan dan sejarah yang baik harus dipertahankan dan ditingkatkan di era depan.

Baca juga: Latihan ulangan bab rancangan berfikir sejarah