Blogger Jateng

BaSo (Bahas Soal) UTBK/SBMPTN Soshum Geografi 2021 No 31-35

Review UTBK 2021 
Hai para pejuang UTBK, gimana nih udah deg-degan ya beberapa bulan lagi mau tes masuk PTN?. Khusus buat yang ngambil soshum, aku akan berikan pembahasan soal yang tahun kemarin ya.
Tentunya mapel geografi dulu yang mau aku diskusikan, gampang-mudahan sih mampu tuntas dengan semua mapel soshum lainnya. Ingat bahwa semakin kalian banyak baso alias diskusikan soal maka akan makin tokcer nanti.
Jangan lupa share blog ini ke sahabat-teman dan selamat berjuang deh, aku doakan sukses dan bisa menjangkau impian kuliah di Perguruan Tinggi Negeri.
31. Upaya memperbanyak jenis tumbuhan yang dibudidayakan pada suatu lahan pertanian adalah ....a. intensifikasib. diversifikasic. mekanisasid. panca perjuangan tanie. ekstensifikasi
32. Wilayah maritim Indonesia yang menjadi batas landasan kontinen disebut ...a.. shelfb. ambang lautc. palung lautd. pinggir laute. pantai
33. Batu pualam yang banyak ditambang di tempat Gunungkidul berdasarkan proses terbentuknya termasuk jenis batuan ....a. sedimenb. metamorf peneumatolitikc. metamorf dinamod. metamorf kontake. plutonik
34. Pola sungai yang berkembang di pulau Kalimantan yaitu ....a. rektangularb. radialc. pinnated. trellise. dendritik
35. Konsentrasi ikan di bahari terdapat pada zona ....a. litoralb. neritikc. batiald. abisale. ambang laut
Kunci31. Kalau memperbanyak jenis tanaman kan bahasa inggrisnya different jadi jawabannya diversifikasi. Saya kasih clue mudahnya berikut: intensifikasi (gak memperluas lahan), mekanisasi (penggunaan alat teknis modern), diversifikasi (nambahin jenis produk di satu lahan), ekstensifikasi (memperluas lahan).
32. Batas landas kontinen atau kaki benua ialah shelf. Coba baca lagi perumpamaan lain seperti bahari teritorial, zona pemanis dan ZEE. Selain itu cari ihwal ungkapan-ungkapan morfologi dasar maritim.
33. Batu marmer atau pualam merupakan salah satu contoh batuan yang mengalami proses metamorfosis termik/oanas. Batuan ini berasal dari batu gamping yang mengalami perubahan bentuk dan rekristalisasi karena mendapatkan efek dari suhu yang tinggi.
34. Pulau Kalimantan kan relatif datar ya jadi pastinya acuan dendritik banyak meningkat . Coba aja cek di peta.
35. Zona tempat berkumpulnya ikan yaitu zona yang banyak terdapat sinar matahari, nutrient, terumbu karang ialah neritik. Coba baca lagi zonasi bahari berdasarkan kedalaman.
Lanjut: Soal Nomor 36-40