Blogger Jateng

LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) Geografi Dinamika Penduduk Part 1

LKPD Dinamika Penduduk
Halo sobat-teman ILMUGURU, lanjut lagi nih mimin akan bagikan pola LKPD alias lembar kerja akseptor bimbing kelas 11 bab dinamika antroposfer atau penduduk.
Dinamika antroposfer adalah topik materi yang sangat padat alasannya adalah memang pada dasarnya insan adalah tema sentral dalam geografi. Semua pergeseran di bumi lebih pada karena aktifitas insan yang makin intens.
Lalu darimana kita mengawali mengajar bahan antroposfer ini?. Untuk bimbingan tentu saja silahkan cek silabus geografi. Cek disini: LINK SILABUS KELAS 11
Dinamika penduduk intinya dipengaruhi oleh tiga faktor ialah natalitas (kelahiran), mortalitas (kematian) dan migrasi. Sejak insan turun ke bumi, mereka terus berkembang biak dan menyebar ke seluruh antero penjuru permukaan bumi.
Lambat laun semua tempat akan pada oleh insan dan keperluan akan pemukiman pasti akan kian tinggi. Kota-kota baru akan kian banyak bermunculan.
Kuantitas insan tentu harus diimbangi pula dengan kualitas hidup insan. Indikator untuk mengukur mutu hidup dikala ini yakni dengan Indeks Pembangunan Manusia. Indikator IPM yakni pendidikan, kesehatan dan kriteria hidup pantas.
Kualitas masyarakatakan menghipnotis perkembangan sebuah negara itu sendiri. Saat ini indeks pembangunan manusia Indonesia terus mengalami kenaikan walaupun secara global masih berada di urutan bawah.
Populasi insan di Indonesia ketika ini telah menjamah 250 juta jiwa lebih dan persebarannya masih belum merata. Populasi pulau Jawa masih terpadat hal ini alasannya adalah aspek sejarah, akses dan fasilitas prasarana yang mendukung kehidupan.
Jika tidak secepatnya dicarikan penyelesaian maka pulau Jawa akan overpopulasi dan berpengaruh pada lingkungan yang semakin mengalami degradasi. 
Oleh alasannya adalah itu siswa perlu diajarkan untuk bagaimana menyaksikan fakta yang terjadi pada antroposfer terutama di Indonesia kemudian mengecek dan mencarikan penyelesaian yang dirasa sempurna.
Dengan LKPD yang didesain HOTS pastinya akan menolong siswa menjadi lebih saintifik dan menjadi seorang pemecah persoalan yang handal. Berifikir kritis dan analitis yakni salah satu tujuan pendidikan kita.
Silahkan download file LKPD pertemuan 1 dinamika antroposfer di bawah ini. Boleh diedit-edit saja sesuai kebutuhan di sekolah. 
Cara downloadnya, buka di desktop kemudian klik ikon panah di kanan atas di bawah file maka nanti akan masuk ke drive. Tinggal klik icon download di pojok kanan atas. Untuk LKPD lainnya silahkan cek di blog ini.
Download LKPD Dinamika Penduduk Part 1👇👇👇👇👇👇