Blogger Jateng

LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) Geografi Ketahanan Pangan Pertemuan 1

LKPD Bab Ketahanan Pangan

Halo ILMUGURU se nusantara, masih galau nyari acuan LKPD alias lembar kerja buat siswa bab ketahanan pangan?. Tenang aja, akan aku bagikan contohnya ya, tetapi untuk satu pertemuan dahulu.
Ketahanan pangan merupakan suatu kondisi terpenuhinya kebutuhan pangan bagi rumah tangga yang tercermin dari tersedianya pangan secara cukup, baik dari jumlah maupun  mutunya, aman, merata, dan terjangkau.
Nah, Indonesia selaku negara agraris telah seharusnya mempunyai ketahanan pangan yang tangguh. Akan tetapi di lapangan masih terdapat beberapa dilema yang harus terus diperbaiki dalam merealisasikan ketahanan pangan nasional.
Berbagai jenis pangan dari mulai jenis nabati dan hewani sungguh melimpah sekali di Indonesia. Lahan pertanian, maritim, sungai, hutan, kolam, padang rumput semuanya kita punya.
Semua sumber daya tadi sungguh penting untuk membuat produk-produk pangan yang bermutu. Masyarakat sudah pasti akan menerima suplai bahan pangan lewat pasar setempat maupun online.
Pertumbuhan masyarakatyang terus meningkat ditambah semakin berkembangnya kota menciptakan tantangan ketahanan pangan makin besar. Lahan-lahan pertanian kian menyempit alasannya ekpansi industri, pemukiman dan perkotaan.
Diperlukan sebuah terobosan baru untuk tetap menjaga produktifitas pangan biar tetap stabil dan bisa memadai kebutuhan masyarakat baik dalam sisi stok, mutu, dan harga terjangkau.
Sudah saatnya sekarang para petani milenial untuk diberikan terusan untuk mengembangkan industri pertanian di kurun digital. Hal ini untuk mengikuti pergantian zaman yang sekarang kian mengglobal. 
Transfer produk kini bisa dilaksanakan dengan hanya bermodalkan ponsel terpelajar atau laptop. Dengan demikian petani bisa membuka pangsa pasar seluas-luasnya dan bisa menjadi jalan kesejahteraan petani itu sendiri.
Melalui materi ketahanan pangan ini, ILMUGURU juga perlu memperlihatkan edukasi wacana pentingnya mempertahankan asupan gizi saban hari biar kesehatan selalu terjaga. Masyarakat harus pintar memilih bahan pangan yang hendak berguna bagi kesehatan dalam jangka panjang.
Kesehatan ialah kunci produktifitas, jadi tugas pemerintah juga diperlukan untuk mengkampanyekan pola hidup seheat dalam pemilihan pangan. 
Oke langsung aja, berikut LKPD Bab Ketahanan Pangan pertemuan 1. Nanti akan dilanjut untuk pertemuan berikutnya. Silahkan edit-edit saja sesuai keperluan di kelas, karena pasti setiap guru punya style dan materi yang berlawanan asal tidak keluar jalur silabus saja. Saya buat soal tipe HOTS karena anak Sekolah Menengan Atas telah harus bisa melakukan akal kebijaksanaan dan riset.
Cara downloadnya dengan buka di desktop, kemudian klik tanda panah di pojok kanan atas, nanti akan otomatis terbuka di google drive. Silahkan klik tombol download saja nanti.
Baca juga: LKPD Dinamika Antroposfer Part 1
DOWNLOAD LKPD KETAHANAN PANGAN PART 1👇👇👇👇