Blogger Jateng

LKPD [Lembar Kerja Peserta Didik] Sejarah Indonesia Kelas XI Peristiwa Proklamasi

Di postingan ini saya akan bagikan contoh LKPD Sejarah Indonesia kelas XI topik proklamasi kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945.
Proklamasi kemerdekaan Indonesia adalah kejadian maha penting yang dalam sejarah lahirnya negara Indonesia. Setelah ratusan tahun dijajah oleh bangsa barat dan Jepang, bangsa Indonesia kesannya mampu menyatakan kemerekaan pada 17 Agustus 1945.
Kemerdekaan Indonesia yakni hasil usaha bangsa Indonesia, bukan bantuan dari negara lain. Kronologi proklamasi kemerdekaan Indonesia diawali dari serangkaian insiden yang terkait satu sama lain.
Bom Hiroshima dan Nagasaki menjadi awal mula hadirnya wangsit untuk memerdekakan diri. Jepang menyerah tanpa syarat kepada sekutu di atas kapa USS Missouri pada 2 September 1945 sesudah dua kota tersebut hancur lebur.
Kesombongan Jepang melakukan penyerangan di Pearl Harbour menciptakan sekutu eksklusif bergerak dengan menjatuhkan bom nuklir di Jepang. Jepang tidak paham bahwa sekutu sudah memiliki teknologi ratusan tahun didepan mereka.
Rumah Soekarno kawasan pembacaan proklamasi, source: twitter

Akhirnya info kekalahan Jepang di Perang Pasifik sampai ke tokoh-tokoh bangsa. Di dalam negeri sendiri terjadi perdebatan alot antara kalangan renta dengan golongan muda terkait kapan sebaiknya proklamasi dilaksanakan.
Golongan tua yang kalem menunggu Jepang sementara kalangan muda yang radikal menuntut secepatnya untuk proklamasi. Hingga muncul Peristiwa Rengasdengklok yang menciptakan pada risikonya proklamasi tetap dilaksanakan di 17 Agustus 1945, bukan di 24 Agustus 1945 seperti yang dijanjikan Jepang.
Tokoh-tokoh yang terlibat dalam proklamasi kemerdekan Indonesia antara lain:1. Soekarno : perumus dan pembaca naskah proklamasi2. M. Hatta, Ahmad Soebardjo: perumus proklamasi3. Sukarni: menganjurkan naskah di tanda tangani Soekarno Hatta atas nama bangsa Indonesia4. Sayuti Melik: Mengetik naskah proklamasi5. BM Diah: menenami Sayuti Melik mengetik naskah6. Fatmawati: menjahit bendera Indonesia7. Cudanco Suhud: mempersiapkan bambu tiang bendera8. Cudanco Latief: kepala keselamatan lokasi proklamasi
Silahkan download file LKPD di bawah ini, share bebas!. Di edit saja sesuaikan dengan keperluan di kelas.
Pahami wacana rancangan ATM (Amati, Tiru, Modifikasi)