Blogger Jateng

Pembahasan Soal OSK/KSK Kebumian 2019 No 26-30

Halo mitra-kawan sekalian kita lanjut lagi ya bahas kunci pembahasan soal KSK Kebumian 2019 nomor 26-30. Masih tetap semangat kan untuk berlatih!.
Jangan hingga terlalaikan pembahasan KSN di blog ini. Share ke sahabat-sahabat lain di grup medsos sobat-sobat lainnya.
26. Echosounder ialah perlengkapan yang digunakan untuk mengukur ...a. gelombang di lautb. arus di lautc. pasang surut di lautd. salinatas air laute. kedalaman air laut
27. Di bawah ini yakni grafik dari seismogram yang terbentuk ketika terjadi gempa bumi. A, B, dan Cadalah jenis gelombang gempa yang terekam oleh alat. Jenis gelombang A adalah…a. Gelombang Loveb. Gelombang Rayleighc. Gelombang Pd. Gelombang Se. Gelombang Q
Perhatikan gambar untuk soal nomor 28 dan 29 berikut!
28. Struktur geologi yang terdapat pada gambar di atas yakni ...a. sesar naikb. sesar turunc. antiklind. sesar geser dekstrale. sesar geser sinistral
29. Jurus dari struktur geologi tersebut berarah ...a. Barat-Timurb. Utara-Selatanc. Barat Laut-Tenggarad. Timur Laut-Barat Dayae. Utara-Barat
30. Perbandingan antara radiasi matahari yang dipantulkan dan radiasi yang tiba disebut …a. transmisivitasb. absorptivitasc. albedod. hamburane. pembiasan
ECEBC26. Echosounder ialah alat pemancar sonar yang digunakan untuk proses pemeruman(mengukur kedalaman) dalam survei hidrografi, program pemaruman dilaksanakan untuk menerima citra topografi dasar perairan (seabed surface).
Prinsip kerja Echosounder

27. Gempa akan menghasilkan gelombang seismik yang menyebar ke seluruh permukaan bumi. Ada banyak sekali macam gelombang seismik. Gelombang yang merambat di dalam Bumi dibagi menjadi dua: gelombang-P (primer) dan gelombang-S (sekunder).
Gelombang-P ialah gelombang longitudinal (arah gelombang search dari arah rambatan), dan mampu menembus semua materi tergolong padat dan cairan.
Gelombang-S adalah gelombang transversal (arah gelombang tegak lurus kepada arah rambatan). Gelombang ini lebih lambat dari gelombang-P, dan tak bisa menembus semua jenis material semudah gelombang-P. Kedua gelombang ini berfaedah untuk mendeteksi komposisi lapisan bumi, jadi gak nyelam hingga inti bumi pun kita bisa tahu mirip apa karater inti bumi melalui sifat gelombang seismik ini. Jika dilihat di seismogram maka urutannya sebagai berikut, pastikan tidak tertukar.
28. Dalam penggunaan geologi, sinistral dan dekstral mengacu pada unsur mendatar dari pergerakan blok pada kedua sisi dari suatu sesar atau rasa gerakan dalam zona geser. Istilah ini yakni istilah dari arah relatif alasannya gerakan dari blok-blok tersebut dijelaskan relatif terhadap satu sama lain ketika dilihat dari atas. 
Pergerakan termasuk sinistral (tangan kiri) jikalau blok di segi lain dari sesar bergerak ke kiri, atau bila blok yang mengangkangi sesar segi kiri bergerak ke arah pengamat. Gerakan terholonhkan dekstral (ajun) bila blok di sisi lain dari sesar bergerak ke kanan, atau bila blok yang mengangkangi kesalahan sisi kanan bergerak menuju pengamat (sumber: wikipedia). Untuk imajinasinya, silahkan cek gambar di bawah.
Beda sesar sinistral dan dextral
29. Dalam kamus istilah struktur geologi kita mesti mengenali kedudukan batuan di permukaan bumi dengan mengukur arah penyebarannya dan juga kemiringan batuan. Dalam ilmu Geologi, kedua unsur tersebut dinamakan Strike dan Dip. Apa itu Strike dan Dip?
Strike atau Jurus yaitu arah garis yang dibentuk dari perpotongan bidang planar dengan bidang horizontal ditinjau dari arah utara. Sedangkan Dip yakni derajat yang dibentuk antara bidang planar dan bidang horizontal yang arahnya tegak lurus dari garis strike. Apa itu bidang planar? Bidang planar ialah bidang yang relatif lurus, misalnya yakni bidang perlapisan, bidang kekar, bidang sesar, dll.
Dalam duduk perkara soal, jurus geologinya mengarah utara-selatan. Lihat simbol mata angin U untuk menciptakan lebih gampang arah gerak patahan.
30. Albedo ialah suatu besaran yang menggambarkan perbandingan antara sinar Matahari yang datang di permukaan bumi dan yang dipantulkan kembali ke angkasa dengan terjadi perubahan panjang gelombang.
Lanjut: Soal nomor 31-35