Blogger Jateng

Pembahasan Soal OSK/KSK Kebumian 2019 No 56-60

Halo mitra-mitra kita lanjut lagi untuk bahas kunci balasan KSN Kebumian tahun 2019 nomor 56-60. Pastikan untuk selalu pantengin blog ini ya!.
Buat yang hendak coba latihan try out online OSN Kebumian gratis silahkan cek di link berikut: Try Out OSN Kebumian
56. Periode ini dicirikan dengan berkembangnya rawa yang hangat dan luas ; meningkat pesatnyaamfibi dan reptilia ; berisikan 2 sub-kurun, adalah Mississipian dan Pennsylvanian ; memilikirentang waktu sekitar 350-270 juta tahun yang lalu ; disebut juga selaku ‘age of crinoid’. Apakahnama dari periode ini?a. Devonb. Silurc. Permd. Karbone. Kambrian
57. Perhatikan gambar di samping. Fosil tersebut termasuk dalam kelompok ...a. trilobitab. brachiopodac. moluskad. bryozoae. echinodermata
58. Indeks jumlah padatan yang terlarut dalam 1000 gram air bahari disebut selaku …a. kadar garam air lautb. suhu air lautc. salinitas air lautd. densitas air laute. tekanan air laut
59. Nilai salinitas di perairan laut menurut posisi atau letak lokasi pengukuran pada garis lintangakan bertentangan. Salinitas di lokasi pengukuran pada posisi garis lintang kecil memiliki nilai ...a. salinitas kecilb. salinitas besarc. salinitas sangat besard. salinitas sedange. salinitas besar sekali
60. Nilai temperatur air laut menurut posisi atau letak lokasi pengukuran terhadap garis lintangakan selalu berbeda. Nilai pengukuran temperatur air maritim pada posisi garis lintang kecilmempunyai nilai ...a. temperatur kecilb. temperatur besarc. temperatur sangat kecild. salinitas sedange. salinitas kecil sekali
Kunci JawabanDEDAB56. Zaman yang tepat ciri-ciri pada soal ialah Karbon. Silahkan cek lengkapnya di bawah, pahami dan hapalkan semua ciri-ciri setiap zaman.
Skala waktu geologi dan ciri kehidupannya
57. Filum Echinodermata (dari bahasa Yunani untuk kulit berduri) adalah suatu filum binatang laut yang meliputi bintang laut, teripang, dan beberapa kerabatnya. Kelompok binatang ini ditemukan di nyaris semua kedalaman laut. Filum ini muncul di era Kambrium permulaan dan berisikan 7.000 spesies yang masih hidup dan 13.000 spesies yang telah punah. (wikipedia).
58. Salah satu sifat air bahari yaitu densitas. Densitas atau kepadatan air laut ialah jumlah massa air bahari per satuan volume. Nilai densitas air bahari pada umumnya antara 1,02-1,07 gram per cm³. Faktor densitas air laut t sungguh berhubungan dengan temperatur, salinitas, dan tekanan.
59. Dalam teladan distribusi secara horizontal, tempat yang mempunyai salinitas tertinggi berada pada kawasan lintang 30⁰LU dan 30⁰LS, lalu menurun ke arah lintang tinggi dan tempat khatulistiwa.  hal tersebut bisa diterangkan selaku berikut:
1. Presipitasi di kawasan tropis jauh lebih tinggi, sehingga terjadi pengenceran oleh air hujan.2. Semakin bertambahnya lintang, maka suhu akan kian turun akibat perbedaan penyinaran sinar matahari. Ketika terjadi pendinginan sampai membentuk es, maka serta merta es itu akan melepaskan partikel garam (es akan tetap tawar). Sehingga akumulasi senyawa garam akan banyak terbentuk di lintang tinggi.
Selain perbedaan lintang, salinitas suatu kawasan perairan bergantung pada topografi tempat tersebut. Hal tersebut terkait dengan ada tidaknya limpasan air tawar yang berasal dari sungai menuju muara. Akibatnya adanya limpasan permukaan (run off) maka akan terjadi pengadukan yang mempunyai pengaruh pada pengenceran.
60. Temperatur atau suhu air laut di daerah lintang kecil condong tinggi sebab pemanasan atau intensitas penyinaran juga tinggi. Silahkan cek peta suhu maritim di bawah ini, ketahui dengan seksama.
Peta suhu bahari