Blogger Jateng

Cara Belajar MS Word untuk Jadi Admin 2022

 Belajar untuk menguasai Microsoft Word mungkin tidak menjadi kewajiban Cara Belajar MS Word untuk Jadi Admin 2022Cara Belajar MS Word untuk Jadi Admin - Belajar untuk menguasai Microsoft Word mungkin tidak menjadi kewajiban, akan tetapi sangat penting sekali bagi anda untuk memiliki kemampuan dasarnya.

Untuk anda yang belum pernah menggunakan Microsoft Word, aplikasi ini dapat melakukan banyak hal, belajar Microsoft Word bisa dilakukan dengan berbagai cara.

Anda bisa dengan les privat sampai mempelajari panduan yang tersebar di internet, pada artikel kali ini akan membahas tentang cara belajar MS Word untuk jadi admin untuk permulaan


Cara Belajar MS Word untuk Jadi Admin


1. Sekilas Tentang Cara Belajar MS Word untuk Jadi Admin Bagi Pemula

 Belajar untuk menguasai Microsoft Word mungkin tidak menjadi kewajiban Cara Belajar MS Word untuk Jadi Admin 2022
Sekilas Tentang Cara Belajar MS Word untuk Jadi Admin Bagi Pemula
Microsoft Word merupakan aplikasi untuk kegiatan tulis menulis mulai dari menulis laporan, proposal, artikel, sampai menulis cerita, semuanya bisa.

Anda juga bisa membuat resume dan brosur menggunakan aplikasi ini, produk Microsoft yang satu ini telah digunakan oleh 1,3 miliar orang.

Mulai dari anak sekolah, mahasiswa, pebisnis, sampai pekerja kantoran pasti pernah menggunakannya, dan Microsoft Word menjadi salah satu requirements di lowongan pekerjaan.

Ada banyak tools, tab, dan bagian-bagian dari Microsoft Word sehingga memudahkan pekerjaan anda, anda harus mengetahui fungsi dan cara menggunakan masing-masing toolsnya.

Untuk membuat dokumen baru, mengedit dan melakukan formatting, belajar Microsoft Word tidak sulit, apalagi ada shortcut yang bisa membuat anda belajar menjadi lebih mudah.

Apalagi untuk anda yang ingin bekerja di perkantoran untuk menjadi administrasi, perlu untuk bisa MS Word ini.

Namun anda tenang saja, dalam artikel ini akan dijelaskan permulaan cara belajar MS Word untuk jadi admin.


2. Cara Belajar MS Word untuk Jadi Admin Bagi Pemula

 Belajar untuk menguasai Microsoft Word mungkin tidak menjadi kewajiban Cara Belajar MS Word untuk Jadi Admin 2022
Cara Belajar MS Word untuk Jadi Admin Bagi Pemula
Di bawah ini akan dijelaskan permulaan cara belajar MS Word untuk jadi admin, mungkin saja dengan akan dijelaskan cara menggunakan MS Word ini akan meringankan pekerjaan anda.

Anda bisa cermati penjelasan di bawah ini untuk mempermudah anda bisa menggunakan MS Word.


a. Mengatur Ukuran Margin

Margin merupakan ukuran tepi di lembar kerja Microsoft Word yang terdiri dari batas atas, bawah, kanan, dan kiri.

Apabila anda membuka lembar kerja baru, bisasanya margin kertas telah diatur secara otomatis, akan tetapi anda juga bisa mengubah ukurannya sesuai dengan yang anda inginkan yaitu dengan cara:
  • Anda pilih tab "Layout", kemudian silahkan anda mengklik "Margins".
  • Kemudian anda pilih ukurannya.
  • Jika ukuran yang anda inginkan tidak ada, silahkan anda pilih "Custom Margins" untuk mengatur margin dengan memasukkan ukuran batas atas, kanan, kiri, dan bawah.
  • Selesai.


b. Mengubah Ukuran dan Jenis Font

Microsoft Word menyediakan banyak jenis font yang bisa anda pilih, untuk mengubahnya anda harus blok teks yang ingin diubah fontnya, kemudian klik tab "Home" dan "Jenis font".

Sebelum anda mengklik, anda bisa melihat previewnya dulu di lembar kerja, sedangakan jika anda ingin mengatur ukuran font, yaitu dengan cara:
  • Pertama anda mengklik tab "Home".
  • Setelah itu anda pilih "Font Size" yang letaknya persis di sebelah kanan jenis font.
  • Apabila ukurannya kurang pas, anda bisa dengan mengklik "Increase" atau "Decrease Font Size" yang ada disebelah font size.
  • Lalu anda Shortcutnya, "CTRL + ]" atau "CTRL + [".
  • Selesai.


c. Mengatur Spasi Antar Baris

Anda bisa mengubah jarak atau spasi antar baris sesuai kebutuhan agar dokumen terlihat rapi dan nyaman untuk dibaca.

Anda bisa mengaturnya dengan cara yaitu pertama anda memblok paragraf yang akan diatur spasinya, kemudian silahkan anda klik tab "Home", setelah itu anda pilih "Line and Paragraph Spacing", selesai.

Microsoft Word sudah menyediakan ukuran mulai dari 1 sampai dengan 3, namun jika ukurannya kurang sesuai, anda bisa mengklik "Line Spacing Options" dan memasukkan angka yang diinginkan.


d. Mengubah Ukuran Kertas

Microsoft Word memiliki beberapa ukuran kertas yang bisa anda sesuaikan dengan kebutuhan, cara untuk memilih atau mengubah ukuran kertas yaitu terlebih dahulu anda mengklik tab "Layout".

Kemudian anda klik "Size", setelah itu anda bisa langsung memilih ukuran kertas yang sesuai, anda juga bisa membuat ukuran kertas secara custom.

Untuk membuat ukuran kertas secara custom yaitu Di bawah pilihan ukuran kertas ada pilihan "More Paper Sizes", kemudian anda masukkan ukuran kertas berdasarkan lebar dan juga tingginya.


e. Mengubah Orientasi Kertas

Terdapat dua jenis orientasi kertas di dalam Microsoft Word ialah landscape dan portrait, portrait ukuran kertasnya memanjang ke bawah atau berdiri.

Sedangkan landscape kertasnya memanjang ke samping, cara untuk mengatur orientasi kertas ini, anda bisa ke tab "Layout", kemudian pilih "Orientation".

Setelah itu, silahkan anda memilih salah satu sesuai dengan kebutuhan atau keinginan anda.


f. Cara Membuat Tabel di Word

Data bisa disajikan dalam berbagai bentuk yaitu salah satunya dengan tabel sehingga anda bisa membuat tabel sederhana di Microsoft Word yang bisa anda sesuaikan kegunaanya, caranya yaitu:
  • Terlebih dahulu anda mengklik tab "Insert".
  • Kemudian anda pilih "Table", silahkan anda memilih jumlah baris dan kolom sesuai dengan yang anda inginkan.
  • Jika jumlahnya masih kurang, anda bisa dengan pilih "Insert Table", kemudian silahkan anda masukkan jumlah baris dan kolomnya.
  • Selesai.


g. Change Case

Chang Case digunakan untuk mengatur penggunaan huruf kapital pada kata atau kalimat, contohnya anda ingin mengubah tulisan "mengubah ukuran dan jenis font".

Menjadi "MENGUBAH UKURAN DAN JENIS FONT" tanpa anda harus mengganti satu persatu, yaitu dengan cara anda memblok teks yang akan diformat, lalu anda klik tab "Home"".

Setelah itu silahkan anda memilih "Change Case" yang logonya Aa, selanjutnya anda pilih "Uppercase", selesai.

Ada 5 case yang bisa anda pilih yaitu pertama Sentence Case untuk kapital di setiap awal kalimat atau setelah titik.

Kedua Lowercase untuk membuat teks dengan huruf kecil semuanya, ketiga Uppercase untuk membuat teks dengan huruf besar atau kapital semua.

Keempat Capitalize Each Word untuk membuat huruf kapital di setiap awal kata, dan yang kelima tOGGLE cASE untuk menggunakan huruf kapital diseluruh kata atau kalimat kecuali huruf pertama.


h. Memasukkan Gambar

Selain membuat tabel anda juga bisa memasukkan gambar dengan berbagai format di Microsoft Word, seperti JPG, PNG, atau GIF.

Yaitu dengan Cara anda pilih tab "Insert", kemudian anda klik "Picture", lalu anda bisa memilih gambar yang ingin anda masukkan dari laptop atau komputer.


i. Membuat Header dan Footer

Anda bisa membuat catatan atau tulisan tertentu dengan menggunakan header atau footer, header untuk catatan di bagian atas, sedangkan footer untuk bagian bawah.

Catatan ini akan muncul disetiap halaman, selain teks anda juga bisa memasukkan gambar di header dan footer atau menjadikannya untuk penomoran halaman, cara membuatnya di header yaitu:
  • Terlebih dahulu anda mengklik tab "Insert".
  • Kemudian silahkan anda memilih "Header".
  • Langkah selanjutnya anda pilih "Style header" yang paling anda suka.
  • Anda juga bisa melihat pilihan header lainnya di More Header from Office.com, lalu anda isi header dengan tulisan yang anda inginkan.
  • Selesai.

Sama juga caranya untuk membuat footer yaitu pertama anda klik tab "Insert", kemudian anda pilih "Footer", lalu anda pilih style yang anda suka, dan isi teksnya, selesai.


j. Cara Memberi Halaman pada Word

Page number ini berfungsi untuk memberi nomor pada halaman, anda bisa menaruh nomor halaman di bagian atas, bawah, kiri, atau kanan dokumen.

Dengan cara anda klik tab "Insert", kemudian anda pilih "Page Number", setelah itu anda pilih di mana ingin meletakkan nomor halaman, dan pilih style yang paling sesuai atau anda senangi, selesai.


Akhir Kata

Itulah 10 panduan mudah untuk belajar Microsoft Word bagi pemula untuk menjadi admin, anda bisa mengikuti panduan di atas dengan baik dan benar agar berhasil.

Jangan lupa anda berbagi pengetahuan yang anda dapatkan tentang cara belajar MS Word bagi pemula untuk menjadi admin ini.

Semoga dengan ulasan artikel kali ini dapat mempermudah anda untuk belajar MS Word, semoga berhasil.

Demikian pembahasan artikel kali ini yang dapat kami sampaikan mengenai cara belajar MS Word untuk jadi admin. Sekian dan selamat mencoba.