Blogger Jateng

Cara Cek Kartu Keluarga Online 2022

 Zaman sekarang ini sudah banyak berkembang termasuk teknologi yang semakin canggih Cara Cek Kartu Keluarga Online 2022Cara Cek Kartu Keluarga Online - Zaman sekarang ini telah banyak meningkat termasuk teknologi yang kian canggih, bahkan untuk bisa mengevaluasi KK bisa melalui online.
Tentunya anda tidak butuhribet atau mengantri, ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) untuk mengenali data-data yang tertera dalam Kartu Keluarga.
Baca Juga : Cara Membuat Kartu Keluarga Online
Anda cuma cukup melalui online saja dan mampu di lakukan dengan mudah, alasannya adalah Kartu Keluarga sendiri ialah dokumen yang cukup penting yang sungguh wajib di miliki oleh warga negara.

Maka dari itu untuk lebih akurat data-datanya, anda harus mengeceknya secara berkala bahkan untuk mengevaluasi KK secara online ini pasti sungguh menolong masyarakat.

Dalam mengakses berita penting secara cepat dan apalagi di periode pandemi COVID-19 mirip kini ini, buat anda yang belum mengenali atau bagaimana cara mengevaluasi KK online?

Tentu saja dengan secepatnya dan tidak ribet, simak ulasan cara cek Kartu Keluarga online yang ada di bawah ini.


Pembahasan Cara Cek Kartu Keluarga Online

Maka KK tersebut harus di cetak dan di rangkap tiga yang masing-masing di pegang oleh Kepala Keluarga, Ketua RT, dan Kantor Kelurahan.
Kalaupun terjadi pergantian data, wajib di laporkan terhadap lurah selambat-lambatnya 14 hari kerja dan pada nantinya akan di terbitkan KK baru.

Tentu saja, hal tersebut merupakan dokumen wajib yang harus di miliki oleh seluruh keluarga Indonesia.
Oleh lantaran itu Kartu Keluarga ini sangat memiliki kegunaan selaku database warga negara untuk dasar pembuatan surat-surat penting.
Berikut ini yaitu dasar pembuatan surat-surat penting yakni mencakup pengerjaan KTP, Akta Kelahiran, Paspor, Pendaftaran sekolah, Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil, dan Persyaratan nikah lainnya.
Baca Juga : Cara Daftar Kartu Prakerja Online

Berdasarkan dengan peraturan PP RI No 37/2007, data-data yang ada dalam KK ini merupakan bagian dari Administrasi kependudukan.

Biasanya ialah rangkaian dari program penataan dan penertiban dan penerbitan dokumen dan data Kependudukan melalui pendaftaran penduduk, Pencatatan Sipil, pengelolaan isu.

Bahkan Administrasi kependudukan serta di pakai untuk pramusaji publik dan pembangunan sektor lain, dengan begitulah cara cek kartu keluarga online selaku berikut.


Cara Cek Kartu Keluarga Online


1. Cara Cek Kartu Keluarga Online Melalui Website Dukcapil

 Zaman sekarang ini sudah banyak berkembang termasuk teknologi yang semakin canggih Cara Cek Kartu Keluarga Online 2022
Cara Cek Kartu Keluarga Online Melalui Website Dukcapil
Cara pertama untuk mengecek Kartu Keluarga (KK) online yaitu dengan melakukannya lewat website resmi Dukcapil, cara cek Kartu Keluarga online ini sungguh membuat lebih mudah anda.
Tentu saja mampu di kanal memakai Handphone ataupun Laptop, lazimnya yang perlu di siapkan ialah Nomor Identitas Kependudukan (NIK) yang sudah tertera di KTP.

Berikut ini langkah-langkah memeriksa Kartu Keluarga lewat website Dukcapil:
  • Pertama-pertama ialah anda harus membuka lewat situs (layananonline.dukcapil.kemendagri).
  • Setelah itu, silahkan mengisi nomor handphone yang telah di daftarkan beserta kata sandi.
  • Kalaupun anda belum melaksanakan registrasi, maka isi formulir ini lewat website dan isi sesuai data yang sudah di minta dengan lengkap.
  • Kemudian mendaftar dengan memasukan NIK KTP pada kolom yang telah ada.

Kalau NIK anda telah terdaftar dalam database, data-data Kartu Keluarga, maka akan timbul dengan lengkap di layar.

Sebalikannya, bila anda belum terdaftar maka pencarian tersebut yang ada pada layar ini tidak akan di peroleh dalam penelusuran.


2. Cara Cek Kartu Keluarga Online Melalui Sosial Media

 Zaman sekarang ini sudah banyak berkembang termasuk teknologi yang semakin canggih Cara Cek Kartu Keluarga Online 2022
Cara Cek Kartu Keluarga Online Melalui Sosial Media
Ada cara cek Kartu Keluarga online dengan menggunakan webiste atau bisa juga melalui media sosial seperti Facebook dan Twitter.
Bahkan ada Akun Facebook resmi milik Disdukcapil yakni Halo Dukcapil, atau juga mampu melalui akun Twitternya @ccdukcapil.

Data-data yang di butuhkan tetap sama, adalah NIK (Nomor Identitas Kependudukan), perlu di ingatkan NIK ini bersifat diam-membisu.

Oleh alasannya itu di dalam NIK itu telah termuat gosip penting mirip nama, alamat, hingga dengan umur, supaya bisa menjaga kerahasian data langsung.

Anda bisa mengantarkan pesan ini melalui fitur Direct Message (DM), supaya bisa menegcek Kartu Keluarga atau bisa kirim ke DM dengan format.

#NIK#Nama_Lengkap#Nomor_Kartu_Keluarga#Nomor_Telp#Keluhan untuk mengecek KK secara online tersebut.

Kalaupun telah, maka anda cuma perlu menanti pada nantinya admin akan menyelidiki data-data dan akan memberikan isu yang telah di minta.


3. Cara Cek Kartu Keluarga Online Melalui Whatsapp & SMS

 Zaman sekarang ini sudah banyak berkembang termasuk teknologi yang semakin canggih Cara Cek Kartu Keluarga Online 2022
Cara Cek Kartu Keluarga Online Melalui Whatsapp & SMS
Nah, untuk cara cek Kartu Keluarga online berikut ini yaitu dengan memanfaatkan layanan Whatsapp atau bisa juga dengan SMS dari Disdukcapil.
Tentu dengan adanya layanan Whatsapp ini agar anda mampu memeriksa KK lewat online yakni dengan mengantarkan pesan di nomor 0813-2691-2479.

Ada beberapa format KK melalui Whatsapp dan SMS, yakni selaku berikut:
  • Nama Lengkap sesuai dengan KTP, NIK, Keluarhan/Kecamatan/Kabupaten/Kota.
  • Layanan SMS : Cek#KTP#NIK, setelah itu kirim ke nomor milik Disdukcapil Kemendagri yaitu 0815-3636-9999.


4. Cara Cek Kartu Keluarga Online Melalui Email

 Zaman sekarang ini sudah banyak berkembang termasuk teknologi yang semakin canggih Cara Cek Kartu Keluarga Online 2022
Cara Cek Kartu Keluarga Online Melalui Email
Saat ini anda bisa mengusut Kartu Keluarga melalui surat elektronik (E-mail), tentu cara cek Kartu Keluarga online ini cukup mudah.
Anda cuma perlu mengirimkannya surat ke alamat Email Callcenter.dukcapil@gmail.com, umumnya pada potongan subyek pesan isinya "permohonan pengecekan KK".

Anda harus menulisnya pada badan email, dengan format tulisan isu seperti nama lengkap, NIK, nomor telepon, dan alamat lengkap anda.

Jika telah anda bisa mengajukan unek-unek berupa undangan pengecekan nomor KK semoga bisa mendapatkan respons atau anda mesti menanti setidaknya 1x24 jam.


5. Cara Cek Kartu Keluarga Online dengan Pentingnya Mempunyai KK

 Zaman sekarang ini sudah banyak berkembang termasuk teknologi yang semakin canggih Cara Cek Kartu Keluarga Online 2022
 Cara Cek Kartu Keluarga Online dengan Pentingnya Mempunyai KK
Mengutip judul buku Mengurus Surat-Surat Kependudukan (Identitas Diri) oleh Henry Siswosoediro, Kartu Keluarga merupakan kartu identitas bagi suatu keluarga yang menampung data penting.
Bahkan nomor KK berisi nama lengkap tiap anggota keluarga, jenis kelamin, NIK, alamat, tempat dan tanggal lahir, pendidikan, agama, pekerjaan, status, perkawinan, status relasi dalam keluarga, kewarganegaraan, dokumen, imigrasi, dan nama orang bau tanah.
Berikut ini ini adalah fungsi-fungsi Kartu Keluarga yang perlu anda pahami, adalah selaku berikut:
  • Agar mampu menerima data-data kependudukan yang bertempat tinggal di setiap rumah, baik itu kepala keluarga ataupun anggota keluarga.
  • Bahkan sudah tercantumnya seseorang dalam KK, dengan begitu secara resmi sudah terdaftar menjadi masyarakatdi kawasan yang tercantum dalam KK.
  • Kalaupun anda pindah daerah tinggal, wajib di laporkan ke RT/RW lokal dan pihak kelurahan.


6. Cara Cek Kartu Keluarga Online dengan Masalah Nomor KK Tidak Valid

 Zaman sekarang ini sudah banyak berkembang termasuk teknologi yang semakin canggih Cara Cek Kartu Keluarga Online 2022
Cara Cek Kartu Keluarga Online dengan Masalah Nomor KK Tidak Valid
Biasanya akan terdapat nomor seri, tentu di Kartu Keluarga tersebut akan tetap berlaku selama tidak terjadi adanya pergantian, karena di nomor Kartu Keluarga ini terdiri dari 16 digit.
Bahkan dibentuk berdasarkan variasi arahan wilayah, tanggal pencatatan dan nomor seri keluarga, pasti pergeseran nomor KK bisa juga terjadi dikala sesorang pindah alamat.

Tentunya pergantian status, transaksi kependudukan yang lain, umumnya jika anda melakukan registrasi untuk keperluan tertentu masalahnya yang hendak serinng timbul ialah nomor NIK dan KK tidak valid.

Ada beberapa, cara cek kartu keluarga online dan mampu menelepon Dukcapil melalui sejumlah media selaku berikut:
  • Call center : 1500537
  • Email : callcenter.dukcapil@gmail.com
  • Twitter : @ccdukcapil
  • Facebook : Ditjen Dukcapil

Baca Juga : Surat Keterangan Kerja

Akhir Kata

Begitulah pembahasan kali ini yang hendak menciptakan lebih mudah anda untuk memeriksa Kartu Keluarga secara online, bahkan mampu di lakukan dari rumah tanpa perlu berkunjung ke Dukcapil.

Tentu di trend pandemi ini membuat lebih mudah anda mengeceknya melalui online, tentu saja akan mendapatkan tanggapanini lebih singkat.

Biasanya anda harus mengantarkan pengajuan menganalisa Kartu Keluarga ini pada hari-hari jam kerja, semoga lebih singkat untuk di respon oleh petugas-petugas Dukcapil

Itulah seluruh bahasan kita pada artikel kali ini tentang cara cek Kartu Keluarga online 2022.
Semoga berkhasiat dan selamat menjajal