Blogger Jateng

Cara Cek KTP Online 2022

 Apakah anda sudah mengetahui cara menggecek KTP secara online  Cara Cek KTP Online 2022Cara Cek KTP Online - Apakah anda sudah mengetahui cara menggecek KTP secara online? Dalam kondisi pandemi Covid 19 ini anda tidak butuhlagi datang ke kantor Dukcapil.
Bahkan anda mampu melalui online di rumah saja, pastinya Kartu Tanda Penduduk ini merupakan salah satu kartu identitas yang mesti di milki setiap warga indonesia.
Baca Juga : Cara Membuat Kartu Keluarga Online
Bagi anda yang memasuki umur 17 tahun ke atas, ketika ini pengerjaan KTP telah mampu dikerjakan secara online atau elektronik yang selalu di simpan pada sistem.

Kehadiran pelayanan ini mempunyai berbagai macam fungsi ialah selaku kartu identitas, bahkan berlaku dimana saja dikarenakan telah disimpan dalam satu sistem sehingga tidak ada lagi KTP daerah.

Untuk membatasi adanya pemilik kartu kependudukan ganda, lazimnya senantiasa mendukung database masyarakatyang akurat, biasanya mampu di pakai untuk beberapa kebutuhan seperti saat pemilu.

Bahkan untuk memudahkan pemilik e-KTP tersebut supaya mampu mendapatkan banyak sekali layanan dari lembaga pemerintah maupun swasta.


Pembahasan Cara Cek KTP Online

Biasanya didalam KTP elektronika ini sendiri terdapat satu hal yang sungguh penting, adalah Nomor Induk Kependudukan (NIK) bahkan di Nomor Identitas yang menarik ini berlawanan satu orang dengan lain.

Tentu saja, nyaris semua masalah adminitrasi menggunakan NIK maka nomornya berisikan 16 digit bahkan enam digit pertama yang merupakan instruksi provinsi.

Bahkan bisa juga di Kabupaten/Kota, atau Kecamatan dengan begitu enam digit keduanya ini berisi tanggal, bulan dan tahun kelahiran.

Dengan empat digit terakhir ini yakni Nomor urut penerbitan NIK yang sudah di atur secara otomatis, lazimnya memakai sistem gosip administrasi Kependudukan atau SIAK.

Melainkan dengan melakukan pengecek NIK, bahkan anda bisa langsung mengunjungi kantor Dinas Kendudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil).

Akan namun sekarang sudah hadir enam pilihan cara untuk menilik KTP online, yang tentunya bisa di kerjakan dimana saja dan kapapun.
Baca Juga : Cara Cek Kartu Keluarga Online
Berikut ini cara cek KTP online dengan mudah di tengah Covid-19 dan mampu mengeceknya dari rumah saja, simak ulasan di bawah ini.


Cara Cek KTP Online


1. Cara Cek KTP Online Dengan Menghubungi Call Center Dukcapil

 Apakah anda sudah mengetahui cara menggecek KTP secara online  Cara Cek KTP Online 2022
Cara Cek KTP Online Dengan Menghubungi Call Center Dukcapil
Pada saat ini anda tidak perlu sibuk-sibuk untuk kekantor Dinas Kependudukan, bahkan anda mampu melaksanakan cara cek KTP online dengan menghubungi Call Center Dukcapil melalui Nomor telepon 1500-537 tersebut.
Jika anda ingin mengecek Nomor NIK, yang harus anda siapkan yaitu data NIK dan Nomor KK maka petugas akan meminta untuk membacakan Nomor NIK.

Setelah itu, petugas akan mencocokannya jikalau tidak valid dengan begitu anda mampu langsung mengajukan sinkronasi data.
Baca Juga : Cara Sinkron Dapodik

2. Cara Cek KTP Online Melalui Pesan Singkat

 Apakah anda sudah mengetahui cara menggecek KTP secara online  Cara Cek KTP Online 2022
Cara Cek KTP Online Melalui Pesan Singkat
Untuk bisa cara cek KTP online dari rumah yakni mampu dengan mengirimkan pesan singkat atau bisa juga menggunakan SMS.
Maka dengan begitu anda harus memakai format Cek#KTP#NIK dan mengirimkannya ke Nomor Dukcapil kementrian Dalam Negeri di Nomor 0815-3636-9999 tersebut.

Setelah selesai, tunggu beberapa dikala sampai dengan SMS anda dibalas semoga bisa mengetahui hasil pengecekan NIK.


3. Cara Cek KTP Online dengan Melalui Whatsapp

 Apakah anda sudah mengetahui cara menggecek KTP secara online  Cara Cek KTP Online 2022
Cara Cek KTP Online dengan Melalui Whatsapp
Bukan hanya melalui SMS saja, bahkan anda mampu melaksanakan pengecekan NIK KTP dengan memakai cara cek KTP online ialah lewat aplikasi pesan singkat Whatsapp.
Anda mampu mengirimnya ke nomor 0813-2691-2479 dengan data mirip Nama Lengkap sesuai dengan nama KTP, NIK, Kelurahan/Kecamatan/Kabupaten/Kota.

Setelah itu, tunggu beberapa ketika hingga ada pesan akibat yang telah mengumumkan hasil dari pengecekan tersebut.

Bahkan, diharapkan waktu sangat lama untuk pengecekan lewat Whatsapp ini di bandingkan dengan menelepon Call Center pribadi.


4. Cara Cek KTP Online Melalui Situs Kemendagri

 Apakah anda sudah mengetahui cara menggecek KTP secara online  Cara Cek KTP Online 2022
Cara Cek KTP Online Melalui Situs Kemendagri
Untuk lebih mudahnya mengevaluasi KTP, anda mampu dengan cara cek KTP online atau melalui situs resmi Kemendagri atau mengunjungi situs dukcapil.kemendagri.go.id tersebut.
Didalam beranda situs tersebut anda harus cari sajian e-KTP dan teruskan untuk mengisi NIK yang anda miliki.

Kalau nomor KTP anda valid, selanjutnya akan di arahkan ke tampilan yang berisi data lengkap sesuai dengan KTP yang di miliki.


5. Cara Cek KTP Online Melalui Sosial Media

 Apakah anda sudah mengetahui cara menggecek KTP secara online  Cara Cek KTP Online 2022
Cara Cek KTP Online Melalui Sosial Media
Bahkan ada cara cek KTP online dari Dukcapil, tentu saja dinas menunjukkan layanan cek NIK berdikari lewat Twitter resminya.
Dengan begitu, maka anda bisa langsung mengirimkan pesan atau bisa juga bertanya pribadi terkait kebenaran dari nomor NIK yang anda punya.

Bukan cuma lewat Twitter saja, bahkan Dukcapil sendiri dapat di hubungi melalui sosial media yang lain mirip sosial media Facebook.


6. Cara Cek KTP Online dengan Mengirim melalui Email

 Apakah anda sudah mengetahui cara menggecek KTP secara online  Cara Cek KTP Online 2022
Cara Cek KTP Online dengan Mengirim melalui Email
Untuk cara cek KTP online yang terakhir ini, yaitu dengan cara mengantarkan melalui Email ke callcenter.dukcapil@gmail.com tersebut.
Maka anda bisa mengirimkan Email dengan format NIK#Nama _Lengkap#Nomor_Kartu_Keluarga# Nomor_Telp#Keluhan anda yang ingin di hingga disana.

Setelah itu, anda harus menunggu tanggapan dari Dukcapil kurang lebih satu kali 24 jam, semoga bisa mengenali hasil dari pengecekkan NIK-nya.


Akhir Kata

Saat ini dan dengan kondisi pandemi Covid-19, maka Dukcapil sendiri memperlihatkan fasilitas untuk masyarakat untuk memeriksa KTP lewat online.

Bahkan penduduk sendiri tidak perlu sibuk-sibuk untuk ke Dukcapil dan tinggal duduk di rumah untuk bisa menganalisa KTP atau NIK.

Tentu layanan tersebut di berikan untuk menolong penduduk selama pandemi ini, apa bila data tersebut tidak valid, anda mampu langsung mengajukan sinkronisasi data Kependudukan.

Itulah seluruh bahasan kita pada artikel kali ini tentang cara cek KTP Online 2022. Semoga berfaedah dan selamat menjajal .