Blogger Jateng

Cara Membuat Absen di Google Classroom 2022

 Absensi dan presensi adalah salah satu data yang penting bagi sekolah atau perusahaan unt Cara Membuat Absen di Google Classroom 2022Cara Membuat Absen di Google Classroom - Absensi dan presensi yaitu salah satu data yang penting bagi sekolah atau perusahaan untuk menilai kinerja karyawan ataupun siswa.

Salah satu tools yang mampu digunakan untuk merekam data presensi karyawan atau siswa yakni Google Classroom.

Meskipun Google Classroom yakni salah satu produk yang dibentuk oleh Google untuk mendukung proses pembelajaran, namun layanan ini juga bisa dimanfaatkan oleh umum.

Karena Google Classroom memiliki banyak sekali fitur pendistribusian materi bimbing, pengumpulan dan evaluasi peran serta presensi.

Presensi kehadiran lewat Google Classroom ini tentu saja menunjukkan banyak sekali fasilitas perekapan data nantinya.


Pembahasan Cara Membuat Absen di Google Classroom

Presensi dan ketidakhadiran lazimnya akan dijadikan selaku salah satu materi evaluasi penting bagi sebuah instansi atau perusahaan untuk menyaksikan produktivitas karyawan atau selama jangka waktu tertentu.

Mengingat presensi bisa mempunyai pengaruh eksklusif pada nilai atau jumlah gaji seta hak-hak penghargaan lainnya bagi para karyawan atau siswa.

Mencatat presensi memakai catatan berbasis kertas tentu saja akan lebih susah dan lebih rentan akan kesalahan, belum lagi risiko kerusakan serta kehilangan data.

Meskipun pencatatan manual memiliki banyak kekurangan, namun belum semua perusahaan atau instansi pendidikan mempunyai tata cara absensi online.

Di sinilah Google Classroom mampu dimanfaatkan. meskipun sejatinya sistem yang dibuat Google ini ditujukan untuk mendukung proses belajar mengajar, tetapi mampu juga memanfaatkan fitur yang dimilikinya selaku alternatif cara ketidakhadiran online.

Nah, berikut ini kami bagikan cara menciptakan absen di Google Classroom yang mampu dipraktekkan.


Cara Membuat Absen di Google Classroom


1. Cara Membuat Absen di Google Classroom dengan Mengetahui Keuntungan yang Akan Didapatkan

 Absensi dan presensi adalah salah satu data yang penting bagi sekolah atau perusahaan unt Cara Membuat Absen di Google Classroom 2022
Cara Membuat Absen di Google Classroom dengan Mengetahui Keuntungan yang Akan Didapatkan
Sebelum mempelajari cara menciptakan bolos di Google Classroom, maka perlu kiranya Anda mengetahui beberapa laba yang hendak didapatkan jika memakai Google Classroom.
Karena platform daring ini memperlihatkan beberapa laba yang mungkin akan membuat Anda semakin percaya untuk menggunakannya dan berikut ini ulasannya:


1. Proses Absen Lebih Mudah

Data karyawanatau siswa mampu disimpan lebih dulu sebagai peserta kelas, sehingga mereka tinggal mengisi presensi menggunakan akun masing-masing dan tidak butuhmemasukkan nama secara manual lagi, dikarenakan telah tercatat.
Proses ini pastinya lebih mempermudah dan tidak menciptakan orang yang gelagapan teknologi sekalipun akan kesulitan.


2. Waktu Absen Lebih Singkat

Proses presensi menggunakan Google Classroom pastinya tidak membutuhkan waktu yang usang, bahkan tidak sampai satu menit, per orang mampu memasukkan kehadirannya.
Karyawan atau akseptor tinggal memasukkan opsi kedatangan mereka, dan bila tidak mengisi maka secara otomatis dicatat alpa.


3. Hasil Absen Secara Real-time

Google Classroom adalah platform daring, sehingga hasil presensi atau mangkir pun akan dijalankan secara real-time.
Anda bisa memeriksa siapa pun yang telah atau belum mengisi absennya pada acara yang ingin Anda lihat, karena datanya bisa ditarik kapan saja Anda mau.


4. Laporan Absen Lebih Rapi

Terdapat beberapa pilihan penampilan laporan ketidakhadiran yang disediakan oleh Google Classroom dan semuanya rapi dan memanjakan visual, sehingga data pun aakan lebih akurat dan gampang dibaca.


5. Data Absensi Bisa Diunduh dengan Praktis

Data-data presensi yang sudah dimasukkan ke Google Classroom bisa dengan mudah diunduh dan direkap sesudah sementara waktu untuk proses penilaian yang Anda perlukan.


6. Proses Penyimpanan Data Lebih Baik

Bentuk buku absendi digital yang disediakan oleh Google Classroom pastinya akan membuat penyimpanan data lebih baik.

Karrena data tersimpan di server Google yang pastinya lebih aman, kalau daripada buku kertas atau server sendiri, yang mungkin saja tidak bisa menampung data dalam jumlah banyak.


2. Cara Membuat Absen di Google Classroom

 Absensi dan presensi adalah salah satu data yang penting bagi sekolah atau perusahaan unt Cara Membuat Absen di Google Classroom 2022
Cara Membuat Absen di Google Classroom
Sedangkan cara membuat bolos di Google Classroom secara online ini tidak susah, Anda cukup ikuti tindakan di bawah ini:
  • Pastikan Anda telah mempunyai akun Google. Jika belum, maka mampu mendaftar lewat beberapa langkah mudah di Google.com.
  • Kemudian buka Google Classroom dan Anda bisa memakai model Web di alamat (https://classroom.google.com) atau mengunduh model Android di Playstore. Keduanya memberikan fungsi yang serupa, namun ada sedikit berlawanan di tampilannya saja.
  • Selanjutnya klik tombol “Create Classroom” jika Anda belum menciptakan kelas, dan bisa mengisinya dengan nama yang diharapkan, contohnya nama perusahaan atau sekolah.
  • Setelah masuk ke dalam kelas, Anda bisa klik “Tugas Kelas” kemudian klik tombol “Create +” untuk menambahkan topik presensi, lalu pilih pilihan “Topik”,.
  • Isikan judul topik presensi yang tepat lalu klik tombol “Tambahkan” dan untuk menciptakan bolos online, silahkan kembali klik tombol “Create +” lalu pilih pilihan “Pertanyaan”.
  • Pada kolom pertanyaan, Anda bisa tuliskan “ABSENSI” dan ubah dropdown opsi jenis pertanyaan menjadi “Pilihan Ganda”.
  • Anda mampu tulis pilihan mirip “Hadir”, “Izin”, dan “Sakit”, pada serpihan pilihan jawaban pertanyaan. Anda tidak perlu menambahkan pilihan “Alpa” sebab karyawan atau siswa yang tidak mengisi pertanyaan ini akan otomatis dianggap alpa.
  • Pada pecahan poin, silahkan pilih “Tidak dinilai” dan pada kolom tenggat waktu, Anda bisa mengendalikan kapan waktu yang diperbolehkan untuk pengisian mangkir.
  • Anda mampu menyimpannya dengan menekan tombol “Tanyakan”, jikalau semua kolom telah terisi.
  • Absen pada Google Classroom telah final dibentuk dan mampu diisi oleh karyawan atau siswa.
  • Agar bisa mengisi bolos di kelas yang sudah dibuat, maka pastikan akun karyawan atau siswa sudah didaftarkan pada kelas yang dibuat tersebut.


Akhir Kata

Demikian cara yang bisa dipraktekkan, jika ingin membuat absen di layanan Google Classroom secara online.

Tidak sulit bukan cara untuk menciptakan ketidakhadiran Google Classroom di atas, alasannya Anda hanya perlu melaksanakan beberapa langkah saja.

Itulah seluruh isi artikel kami kali ini perihal cara menciptakan mangkir di Google Classroom 2022. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.