Blogger Jateng

Cara Mengetahui IP Router Mikrotik 2022

 Penggunaan wifi saat ini semakin meningkat Cara Mengetahui IP Router Mikrotik 2022Cara Mengetahui IP Router Mikrotik - Penggunaan wifi saat ini kian meningkat, terutama sejak kurun pandemi, sebab sebagian penduduk memakai wifi untuk melaksanakan pekerjaan dan menuntaskan peran sekolah, yang dijalankan secara online.
Sayangnya, banyak pengguna wifi yang tidak mengenali bagaimana cara melihat IP router mikrotik yang digunakan.

Padahal, mencari dan mengetahui alamat IP dari router Mikrotik atau RouterBOARD 750 perlu, sehingga Anda mampu mengenali alamat IP dari router pada jaringan setempat yang dipakai.

Router Mikrotik sendiri mempunyai beberapa tool yang bisa dimanfaatkan untuk melaksanakan monitoring/pemantauan terhadap traffic yang kemudian lalang di router.

Semua tool tersebut bisa dipakai untuk membuat lebih mudah admin jaringan dalam melakukan tugas pemantauan jaringan ataupun pencatatan laporan penggunaan internet.

Pemantauan bersiklus mirip rata-rata penggunaan bandwith perbulan hingga yang mesti real time dan sudah ditawarkan oleh Mikrotik.

Sebenarnya sudah usang ada di fitur RouterOS Mikrotik mirip IP Accounting dan tergolong salah satu fitur yang dipakai untuk mencatat semua trafik IP yang melewati router.

Fitur ini bisa membuat lebih mudah Admin jaringan dalam melaksanakan pemantauan traffic data yang dipakai oleh masing masing user, sesuai dengan IP address yang terpasang di setiap user.


Pembahasan Cara Mengetahui IP Router Mikrotik

Anda juga membutuhkan alamat IP biar mampu log in ke router untuk melakukan fungsi-fungsi administrasi, seperti pengaturan password Wi-Fi.

Sebagian besar router memiliki alamat default 192.168.0.1 atau 192.168.1.1, namun sebagian router ada juga yang menggunakan alamat IP yang berlawanan.

Bila Anda memiliki perangkat Android dan mampu melakukan investigasi dengan RouterCheck untuk menemukan alamat IP router Anda.

Petunjuknya pun beragam, tergantung pada tata cara operasi Anda, apakah perangkat tersebut digunakan untuk memilih alamat IP di router harus terhubung ke jaringan, baik secara nirkabel ataupun dengan kabel.

Nah, berikut ini kami bagikan cara mengenali IP router Mikrotik yang bisa dipelajari dan diterapkan.


Cara Mengetahui IP Router Mikrotik


Cara Mengetahui IP Router Mikrotik dengan RouterCheck

 Penggunaan wifi saat ini semakin meningkat Cara Mengetahui IP Router Mikrotik 2022
Cara Mengetahui IP Router Mikrotik dengan RouterCheck
Untuk mampu mengenali IP router Mikrotik, Anda mampu mengerjakan perintah investigasi dengan RouterCheck.
Pasti penasaran kan mirip apa prosesnya? Agar tidak makin ingin tau, yuk eksklusif simak ulasan cara mengetahui IP router Mikrotik berikut ini:


1. Finding Your Router's IP Address Using Windows

  • Untuk langkah awal, silahkan buka jendela Prompt Perintah.
  • Kemudian ketikkan "ipconfig" kemudian tekan tombol Enter.
  • Pada output, silahkan Anda cari serpihan yang berisi berita tentang koneksi jaringan Anda.
  • Jika Anda memiliki sambungan kabel, serpihan ini adalah "Ethernet adaptor Local Area Connection" atau "Ethernet adapter Ethernet".
  • Bila memiliki koneksi nirkabel, cuilan ini yaitu "Jaringan Wireless onnection" atau "LAN nirkabel adapter WiFi".
  • Alamat IP router Anda terletak pada baris "Default Gateway".


2. Finding Your Router's IP Address Using iOS

  • Silahkan masuk ke "Pengaturan" kemudian pilih "WiFi".
  • Lalu klik nama jaringan nirkabel yang terhubung.
  • Secara otomatis, alamat IP router Anda akan ditampilkan pada baris "Router".

Baca juga : Cara Hack Mikrotik Dengan CMD

Akhir Kata

Demikian cara yang mampu diterapkan, kalau Anda ingin mengenali IR router Mikrotik.

Mengetahui IP router Mikrotik penting dilaksanakan, agar Anda bisa mengenali dan memantau traffic data pada jaringan wifi.

Agar proses yang dijalankan berhasil, perhatikan dan lakukan setiap langkah dengan baik dan benar.
Itulah seluruh isi artikel kami kali ini tentang cara mengenali IP router Mikrotik 2022. Semoga memiliki kegunaan dan selamat menjajal .