Blogger Jateng

Cara Menghapus Kelas di Google Classroom 2022

Cara Menghapus Kelas di Google Classroom Cara Menghapus Kelas di Google Classroom 2022Cara Menghapus Kelas di Google Classroom - Google Classroom yaitu salah satu platform yang memfasilitasi aktivitas belajar mengajar non-tatap paras atau kelas online.

Seiring dengan bergesernya cara pengajaran konvensional menuju pengajaran digital, maka baik guru ataupun murid harus mengikuti keadaan dengan fitur dari perusahaan software raksasa di Amerika Serikat tersebut.

Dalam cara kerjanya, Google Classroom memungkinkan para Guru untuk membuat kelas, mendistribusikan tugas, berdiskusi terkait bahan, sampai menawarkan skor atau nilai secara online.

Selaras dengan hal tersebut, maka para murid juga memiliki akses untuk melakukan peran dan menjawab pertanyaan dari Guru lewat perangkat masing-masing di rumah.

Sehingga cara kerja Google Classroom untuk guru ini sangat sesuai dipraktekkan di tengah kala pandemi virus corona (covid-19), yang menjadikan acara berguru mengajar tatap paras , terpaksa dijalankan dari jarak jauh (PJJ).

Walaupun tidak ada batasan optimal untuk jumlah kelas dalam aplikasi, tetapi untuk mempertahankan performa kelas online tetap rapi dan efektif, maka mesti dihapus sehabis kelas selsai.

Hal ini supaya tampilan dalam Google Classroom bersih dan tidak membingungkan, sehingga guru juga bisa mengusut kelas mana yang sekiranya tidak diperlukan lagi.

Nah, berikut ini kami akan bagikan cara menghapus kelas di Google Classroom yang mampu diterapkan.


Cara Menghapus Kelas di Google Classroom


1. Cara Menghapus Kelas di Google Classroom di Semua Perangkat

Cara Menghapus Kelas di Google Classroom Cara Menghapus Kelas di Google Classroom 2022
Cara Menghapus Kelas di Google Classroom di Semua Perangkat
Sebelum meniadakan kelas di Google Classroom, Anda diwajibkan terlebih dulu untuk mendownload aplikasi Google Classroom yang bisa dilaksanakan di smartphone tipe Android ataupun iOS.
Aplikasinya mampu didownload melalui link berikut ini (Download Aplikasi Google Classroom).

Atau mampu juga melalui perangkat computer (PC) di alamat situs (https://classroom.google.com/) di kolom penelusuran alamat browser masing-masing.

Setelah itu, Anda mesti memperhatikan dan mengikuti tahapan sesuai urutan dan teliti, supaya proses menghapus kelas di Google Classroom berlangsung cuma dalam waktu 5 menit saja.

Adapun cara menghapus kelas di Google Classroom di semua perangkat seperti berikut ini:
  • Buka aplikasi Google Classroom yang sudah didownload sebelumnya.
  • Setelah berada di halaman homepage, Anda mampu perdi ke bilah kiri atas lalu klik ikon tiga baris segitiga. Selanjutnya klik menu 'Classes' atau 'Kelas', maka performa akan berubah menuju ke halaman daftar kelas yang pernah dibentuk.
  • Lalu pilih kelas yang akan dihapus, pergi ke bilah kanan paling atas dari kelas lalu klik ikon tiga baris segitiga.
  • Ada tiga pilihan sajian ialah: Copy, Edit, dan Archive, Silahkan klik sajian 'Archive' atau 'Arsip', dan tetap pilih arsip saat pop up timbul.
  • Kemudian pergi ke bilah kiri atas dan klik ikon tiga baris segitiga kemudian klik hidangan 'Archived Classes' atau 'Arsip Kelas'
  • Jika telah, Anda mampu klik ikon tiga baris segitiga dan akan ada tiga opsi sajian yaitu; Copy, Restore dan Delete.
  • Klik menu 'Delete' atau 'Hapus', dan tetap pilih Hapus ketika pop up muncul.

Anda mesti mengingat betul bahwa telah menetapkan untuk meniadakan kelas di Google Classroom, maka kelas tersebut tidak mampu dikembalikan lagi, dikarenakan telah dihapus secara permanen.


2. Cara Menghapus Kelas di Google Classroom atau Bergabung Dalam Kelas di Google Classroom

Cara Menghapus Kelas di Google Classroom Cara Menghapus Kelas di Google Classroom 2022
Cara Menghapus Kelas di Google Classroom atau Bergabung Dalam Kelas di Google Classroom
Selain membagikan cara menghapus kelas di Google Classroom, kami juga membagikan cara untuk bergabung di dalam kelas, pada layanan tersebut.
Setidaknya ada dua cara yang bisa digunakan bagi para murid untuk bergabung ke dalam kelas online dan berikut ini ulasannya:


1. Menggunakan Kode kelas

  • Setelah masuk ke halaman baru, para murid mesti pergi ke sisi kanan atas, kemudian klik ikon (+) lalu pilih hidangan 'Join Class' atau 'Gabung Kelas'.
  • Nantinya akan ada kolom kosong untuk isian aba-aba kelas, silahkan isikan digit aba-aba kelas sesuai dengan isyarat yang diberikan oleh Guru.


2. Menggunakan Invite Student atau Undangan

Ada juga Guru yang menentukan untuk memanggil satu per satu muridnya dengan mengantarkan alamat undangan lewat email.

Selanjutnya, para murid hanya perlu klik sajian 'Join' atau 'Gabung' pada alamat yang tertaut di tubuh email tersebut.


Akhir Kata

Demikian cara yang bisa dipraktekkan, bila ingin menghapus kelas di layanan Google Classroom.

Dengan mengenali dan mempelajari cara yang kami bagikan, maka diharapkan guru ataupun murid tak lagi kebingungan dengan fitur kelas online bikinan Google ini.

Setelah pembelajaran selesai, maka kelas akan tetap ada di Google Drive dan bila sudah tak membutuhkannya, silahkan eksklusif hapus secara manual, alasannya adalah sekali file dihapus, Anda tidak akan mampu membatalkan atau mengembalikannya, jadi adi tentukan kelas yang diseleksi untuk dihapus sudah sempurna.

Itulah seluruh isi artikel kami kali ini tentang cara menghapus kelas di Google Classroom 2022. Semoga berfaedah dan selamat menjajal .