Blogger Jateng

Cara Review Jurnal yang Benar 2022

 Anda para mahasiswa tentu sudah tidak asing lagi dengan tugas mereview jurnal Cara Review Jurnal yang Benar 2022Cara Review Jurnal yang Benar - Anda para mahasiswa tentu sudah tidak abnormal lagi dengan tugas mereview jurnal.
Kegiatan ini menjadi salah satu penunjukkanyang cukup sering diberikan oleh dosen kepada mahasiswa selaku penilaian untuk menguji pemahaman mereka akan sebuah postingan tertentu.

Review jurnal juga menjadi tugas yang diberikan dosen kepada mahasiswa selaku materi acuan untuk mempelajari sebuah observasi.

Dengan mereview jurnal sumber acuan, maka terlebih dahulu anda akan lebih gampang untuk mengenali acuan yang akan digunakan dalam observasi.

Kegiatan mereview jurnal kerap dianggap sepela oleh kebanyakan mahasiswa dan menyebutnya selaku acara yang mudah.

Beberapa dari mereka yang menyamakan antara aktivitas mereview jurnal dan meringkas jurnal, padahal acara review tidak cuma sekedar meringkas jurnal.

Review jurnal lebih membutuhkan ketelitian, kejelian dan pemahaman ihwal topik dalam postingan jurnal yang di review.

Anda diharuskan untuk menuliskan pandangan baru anda sendiri terkait apa yang anda dapatkan dari postingan jurnal yang anda riview.

Agar tidak terjadi kesalahan dalam penulisan review jurnal, dalam ulasan dibawah ini kami akan membagikan anda cara review jurnal yang benar, silahkan simak selengkapnya dalam ulasan dibawah ini.


Cara Review Jurnal yang Benar


1. Cara Review Jurnal yang Benar dengan Praktis

 Anda para mahasiswa tentu sudah tidak asing lagi dengan tugas mereview jurnal Cara Review Jurnal yang Benar 2022
Cara Review Jurnal yang Benar dengan Mudah
Setelah mengetahui pentingnya aktivitas review jurnal, anda juga mesti mengenali tehapan dan langkah penulisan review jurnal.
Sebelum melaksanakan review jurnal, ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan terkait jurnal yang mau di review, diantaranya:


A. Periksa tujuan dan ruang lingkup artikel jurnal yang hendak di review

Sebelaum melakukan penulisan review jurnal, anda tentu terlebih dulu harus menentukan maka jurnal yang hendak di review, bukan?

Dalam melakukan penyeleksian jurnal anda harus mengetahui tujuan dan juga ruang lingkupp jurnal yang hendak anda pilih, hal ini pasti akan menolong anda supaya tak salah dalam memilih jurnal.


B. Pilih jurnal yang berhubungan

Untuk jurnal yang nanti akan anda gunakan selaku sumber acuan atau materi referensi, menentukan jurnal yang berhubungan pasti menjadi hal yang mesti diperhatikan.

Jurnal yang anda pilih pasti mesti sesuai dengan topik penelitian yang mau anda kerjakan.


C. Periksa orisinalitas jurnal

Orisinalitas atau keaslian jurnal menjadi hal penting alasannya adalah mampu menawarkan nilai lebih terkait dapat dipercaya anda, baik dalam hasil review hingga sumber acuan dalam observasi anda nantinya.

Memeriksa keaslian jurnal mampu dikerjakan dengan memutuskan bahwa anda mendapatkan jurnal tersebut dari situs penyuplaijurnal yang terpercaya dan tentukan jurnal yang anda review terdaftar secara resmi dan terindeks Scopus.


D. Perhatikan penggalan diskusi dan kesimpulan pada jurnal

Dengan mengamati potongan ini, anda bisa mendapatkan gambaran ihwal hasil yang ditemukan dari pengamatan pada postingan jurnal, mirip penyelesaian, sistem observasi yang digunakan dan yang lain.

Gambaran ihwal hasil tersebut akan pertanda pada anda seberapa baik dan sesuainya jurnal yang akan anda pilih.


2. Tahapan Cara Review Jurnal yang Benar

 Anda para mahasiswa tentu sudah tidak asing lagi dengan tugas mereview jurnal Cara Review Jurnal yang Benar 2022
Tahapan Cara Review Jurnal yang Benar
Setelah mengetahui dan mengetahui hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memilih jurnal, berikut tindakan cara review jurnal yang benar yang mampu anda jadikan panduan:

Langkah 1: Baca jurnal secara keseluruhan

Penulisan jurnal kerap menggunakan bahasa yang cukup rumit dan susah untuk dikenali, sebab itu penting untuk dapat membaca keseluruhan jurnal secara teliti, mampu membacanya lebih dari satu kali.

Sambil membaca keseluruhan jurnal anda bisa menggaris bawahi kalimat-kalimat penting dalam jurnal yang menurut anda tergolong pada topik utama jurnal.

Ini akan sangat membuat lebih mudah anda dalam melakukan tahap review jurnal selanjutnya.


Langkah 2: Tulis identitas jurnal

Identitas jurnal memuat nama penulis postingan jurnal, judul postingan jurnal, jurnal yang menerbitkan postingan tersebut, nomor volume dan nomor issue sampai tanggal publikasi dan jumlah halaman jurnal.

Identitas jurnal ini sangat penting untuk ditulis, salah satunya semoga nanti anda mampu dengan gampang penulis daftar pustaka atau sitasi.


Langkah 3: Tulis ringkasan isi jurnal sebagai pembuka

Isi jurnal mampu memuat latar belakang, tinjauan pustaka, sistem pengamatan, teori yang dipakai hingga hasil pengamatan.

Sebagai pembuka review jurna, anda mampu menuliskan ringkasan isi jurnal dari hal-hal diatas.

Tidak perlu lengkap menjelaskannya, anda cuma perlu membuat satu hingga tiga paragraf saja tergantung pada panjangnya postingan jurnal.

Sekalipun singkat, ringkasan jurnal ini mesti bisa menandakan detail artikel, tujuan penulisan dalam menulis artikel dan bagaimana tujuan tersebut diraih dan seperti apa alhasil.


Langkah 4: Tulis pandangan baru atau proposal eksklusif tentang jurnal

Setelah menuliskan ringkasan isi jurnal, anda mampu menawarkan inspirasi atau opini pribadi anda tentang jurnal yang telah anda baca.

Sampai tahap ini, anda bisa menawarkan pengertian anda terkait artikel jurnal, rekomendasi atau usulan terkait, limitasi atau kekurangan pengamatan dan lain sebagainya.

Menulis gagasn langsung ihwal jurnal juga bisa dijalankan dengan menuliskan keunggulan dan kekurangan postingan jurnal yang anda review.


Langkah 5: Tulis kesimpulan dari hasil review

Setelah menuliskan pendapat eksklusif, tahap berikutnya ialah menuliskan kesimpulan dari hasil review yang anda tulis.

Kesimpulan hasil review mampu mencakup pemahaman dan juga ajuan anda secara garis besar tentang isi artikel jurnal yang anda review.


Langkah 6: Periksa ulang hasil review

Setelah final menuliskan review jurnal, anda dapat memeriksanya kembali dengan membaca kembali hasil review jurnal untuk mencari kesalahan penulisan dan yang lain yang mungkin terlewat.

Dengan memeriksan ulang hasil review jurnal juga bisa menunjukkan perspektif gres buat anda dalam menyaksikan hasil review jurnal yang dibuat.


Akhir Kata

Nah, itulah beberapa hal yang perlu anda amati sebelum melaksanakan review jurnal, dengan begitu setidaknya anda mampu terhindari dari salah satu resiko.

Setelah mengetahui hal tersebut, anda bisa mengamati tahapan atau cara review jurnal dengan benar yang telah kami bagikan.

Anda bisa membagikan berita dan tutorial ini kepada sahabat atau kerabat yang juga membutuhkan tutorialnya.

Itulah seluruh bahasan kita pada postingan kali ini perihal cara review jurnal yang benar. Sekian dan agar memiliki kegunaan.