Blogger Jateng

Cara Test Printer 2022

 Printer merupakan salah satu peralatan yang digunakan untuk mencetak tulisan atau gambar Cara Test Printer 2022Cara Test Printer - Printer yaitu salah satu peralatan yang digunakan untuk mencetak tulisan atau gambar.

Printer tersebut alat elektromekanis yang bisa mengganti teks maupun gambar atau apapun yang dilaksanakan di personal komputer dari bentuk digital ke bentuk fisiknya.

Jika anda terpikatuntuk membeli printer, maka ada beberapa hal yang mesti diperhitungkan biar menerima produk printer yang tepat kebutuhan.

Salah satunya yakni dengan melakukan pengecekkan atau test printer yang mau dibeli, tujuan dari melakukan test tersebut yaitu biar anda mengenali printer tersebut kondisinya anggun atau tidak.

Selain itu juga dengan cara test printer bermaksud untuk melakukan uji coba semua warna apakah kesudahannya sesuai atau tidak.


Cara Test Printer



1. Cara Test Printer Melalui Komputer

 Printer merupakan salah satu peralatan yang digunakan untuk mencetak tulisan atau gambar Cara Test Printer 2022
Cara Test Printer Melalui Komputer
Apabila anda tidak ingin mendapatkan hasil cetakan printer terbuang tidak memiliki kegunaan, maka anda harus tentukan untuk melakukan test printer terlebih dulu.

Terdapat dua cara untuk melaksanakan test printer beserta untuk menilik warnanya yakni dengan cara memakai tombol printer yang telah ada disetiap unit atau cara manual,

Dan dengan memakai nozzle check di pengaturannya, dengan kedua cara tersebut dimulai dengan cara masuk ke menu setting printer yang sebelumnya sudah tersambung ke perangkat komputer.

Apabila anda belum menyambungkan printer dengan perangkat komputer, maka anda mampu dengan cara mengikuti tutorial cara install printer apalagi dahulu.

Untuk totarial cara test printer ini ialah menggunakan printer Epson L, namun bagi pengguna printer Canon, Samsung, Brother mupun lainnya bisa dengan cara ini totarialnya sebab tidak jauh berbeda.

a. Test warna Printer dengan Nozzle Check


Jika anda ingin melaksanakan test warna printer, anda bisa memakai nozzle check, di bawah ini tindakan yang mampu anda ikuti selaku berikut:
  • Pertama anda menyalakan kuintal dan pada tray printer anda merencanakan kertas kosong berukuran A4, sekurang-kurangnyadua lembar kertas.
  • Kemudian pada laptop atau komputer, silahkan anda klik icon "Search" dan anda ketik "Kontrol panel" di kolom pencarian tersebut.
  • Apabila anda telah masuk ke halaman control panel, anda pilih sajian "View device and printer".
  • Di halaman tersebut, silahkan anda pilih printer yang mau dikerjakan test warna.
  • Lalu anda klik kanan di belahan icon printer yang dipilih, lalu anda pilih "Printing preferences".
  • Apabila anda sudah dibawa ke halaman printing preferences, lalu anda klik belahan "Maintenance".
  • Setelah itu anda klik tombol "Nozzle check", maka akan muncul jendela halaman selanjutnya, kemudian silahkan anda mengklik "Print".
  • Anda tunggu hingga prosesnya tamat dan secara otomatis akan mencetak hasil test warna.
  • Selesai.

Anda mesti mengamati hasil cetakkan pada kertas, jika warna yang dihasilkan tidak bergaris putus-putus maka catridge printer dalam kondisi baik.

Namun jikalau jadinya malah sebaliknya yaitu memiliki garis putus-putus maka kondisi cartridge printernya mempunyai dilema sehingga harus menjajal untuk melakukan cleaning printer.

b. Cara Head Cleaning Printer


Untuk melaksanakan head cleaning printer, langkah awalnya tidak jauh berlawanan dengan cara test warna printer yang menggunakan nozzle check sebelumnya.

Anda mampu mengikuti langkah nomor satu hingga dengan enam yang di atas ( cara test warna printer menggunakan nozzle check).

Setelah anda mengikuti langkah nomr satu hingga enam, berikutnya anda memilih head cleaning, maka akan muncul jendela pop-up halaman, kemudian anda pilih "Start" untuk mengawali prose head cleaning.

maka anda tinggal menunggu proses head cleaning hingga final, dan bila telah, maka anda melakukan test printer dengan mencetak dokumen atau foto yang berwarna dan lihat hasil cetaknya.

Jika hasil cetaknya cantik, memiliki arti head cleaning yang anda lakukan sudah berhasil, akan tetapi kalau tidak cantik maka semestinya anda harus mengubah cartridge printer dengan yang gres.

Yang perlu anda pahami yaitu, jikalau anda melakukan head cleaning maupun nozzle check, anda harus memberi jarak waktu minimum 10 menit sampai 15 menit.

Tujuannya ialah untuk menghindari panasnya belahan cartridge printer, alasannya adalah bisa menjadikan kerusakan pada bagian cartridge.

Baca juga : 4+ Power Bank Terbaik

2. Cara Test Printer Tanpa Komputer

 Printer merupakan salah satu peralatan yang digunakan untuk mencetak tulisan atau gambar Cara Test Printer 2022
Cara Test Printer Tanpa Komputer
Anda juga bisa untuk cara test printer Canon iP27770 tanpa menggunakan komputer selaku berikut:
  • Pertama silahkan anda menyalakan printer.
  • Lalu anda pasang kertas di printer.
  • Setelah itu anda tekan dan tahan tombol "Resume" sampai lampu power led berkedip atau blink 2x.
  • Kemudian anda lepaskan tombol "Resume", maka printer akan melakukan test print.
  • Selesai.

Baca juga : Cara Menyambungkan HP ke Proyektor lewat Wifi

Akhir Kata

Itulah klarifikasi tentang cara untuk test printer sekaligus untuk melakukan pengecekkan hasil warnanya, anda bisa menggunakannya jika ingin membeli printer agar tidak asal berbelanja saja.

Anda juga bisa melaksanakan cara di atas untuk mengevaluasi printer yang jarang digunakan, kalau perlu anda mesti melakukan pengecekkan printer satu kali dalam sepekan agar tinta printer tetap tanpa kendala diproses.

Semoga dengan pembahasan di atas bisa menawarkan faedah untuk anda dan mampu memperbesar wawasan anda.

Demikian pembahasan artikel kali ini yang mampu kami sampaikan tentang cara test printer, sekian dan terimakasih.