Blogger Jateng

Download File Soal Kompetisi Sains Madrasah/KSM 2021 MI, MTs, MA

Di artikel ini aku akan bab file soal Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tahun 2021 untuk antisipasi menjelang KSM 2022. Apa sih sebetulnya KSM itu?. 
Kompetisi Sains Madrasah (KSM) adalah suatu ajang berkompetisi dalam bidang sains yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia. Makara KSM itu ya tandingannya OSN Kemdikbud ya gaes bahasa gaulnya.
Kompetisi Sains Madrasah diselenggarakan itu mulai dari tahun 2012 hingga tahun 2017 dilakukan secara konvensional dan pelaksanaan Kompetisi Sains Madrasah berbasis teknologi dimulai sejak tahun 2018 hingga dengan kini.
Proses registrasi dan seleksi manajemen sampai pelaksanaan tes memanfaatkan Teknologi Informasi guna berbagi akuntabilitas dan transparansi dalam pelaksanaan kompetisi. 
Soal KSM ini gak cuma pakai bahasa Indonesia saja tetapi pakai bahasa Arab dan Inggris. Hal ini sebab Madrasah itu sama halnya dengan pesantren jadi ada pelajaran sains, bahasan Inggris dan muatan bahasa Arab. 
Makara soal KSM ini lebih menantang dibandingkan OSN karena kita dituntut mendalami 3 bahasa sekaligus biar bisa mengenali soal. Soal yang Arab botak itu paling sulit berdasarkan saya alasannya ga ada mahraznya gaes, jika bukan orang pesantren niscaya puyeng itu.
Kompetisi Sains Madrasah 2022 dibuka untuk Satuan Pendidikan baik dari Madrasah (MI,MTs,MA) ataupun dari Sekolah (SD/SMP/SMA Sederajat).
Bagi yang memerlukan soal KSM tahun 2021 lalu, aku upload di bawah, silahkan download saja dan jangan lupa share ke grup sobat-sahabat kalian ya!.
DOWNLOAD DI BAWAH1. Soal KSM MA Geografi 2. Soal KSM MA Biologi3. Soal KSM MA Ekonomi4. Soal KSM MA Fisika5. Soal KSM MA Kimia6. Soal KSM MA Matematika7. Soal KSM MI IPA8. Soal KSM MI Matematika9. Soal KSM MTs IPA10. Soal KSM MTs IPS11. Soal KSM MTs Matematika