Blogger Jateng

Pembahasan Kunci KSM Geografi Kota/Kab 2021 No 6-10

Assalamualaikum adik-adik, lanjut lagi ya kita diskusikan kunci tanggapan soal KSM Geografi 2021 nomor 6-10. Semoga mampu menolong kalian siswa/i Madrasah Aliyah yang lagi berjuang tahun ini di KSM.
Soal KSM ini pakai 3, jadi mohon maaf kalau soal yang arab gundul saya kurang begitu paham, jadi beberapa soal akan aku skip jawabannya. Silahkan bahas saja sendiri dengan sahabat dan pembimbing di sekolah.
6. Dibandingkan dengan pada umumnya negara lain di dunia, Indonesia merupakan salah negara yang akan menerima imbas sangat dirugikan akhir global warming. Penyebabnya yakni ...a. Secara geografis terletak di antara dua benuab. Wilayahnya dikelilingi oleh dua samudera yang luasc. Wilayahnya berbentukkepulauan, berisikan ribuan pulaud. Secara astronomis terletak di daerah tropis yang panas
KunciIni soal analisis lokasi ya gaes. Kaprikornus kan temanya imbas global warming, yakni kenaikan suhu rata-rata permukaan bumi. Nah efek global warming ini macam-macam salah satunya di bidang kelautan yaitu mencairnya es kutub sehingga permukaan air bahari naik. Makara bila permukaan air maritim naik maka kota-kota di kawasan pesisir akan terancam karam. Indonesia itu kan dikelilingi dua samudera luas jadi pastinya kenaikan tampang air laut dua samudera tersebut maka akan berakibat pada potensi tenggelam kota-kota di wilayah pesisir. Ini soal tipe logika sehat tingkat lanjut. Kamu harus mampu mengaitkan satu peristiwa ke kejadian lain secara logis.
7. Pada sebuah dikala, temperatur di pantai Jayapura 29⁰ C, sedangkan pada dikala yang serupa temperatur pada salah satu tempat di Pegunungan Jaya Wijaya 2⁰ C. Berdasarkan data tersebut, berapakah kira-kira ketinggian tempat yang ada di Pegunungan Jayawijaya tersebut yakni ... meter.
KunciIni pakai nalar rumus penurunan suhu (gradien termis) di troposfer dimana rumusnya itu kan:Tx = 26,3⁰ - (h/100 x 0,6⁰)
Keterangan:Tx = temperatur kawasan yang dicari26,3⁰ = suhu rata-rata pantai (0 meter), ini mampu diganti menjadi suhu daerah yang diketahuih = ketinggian100 = konstanta0,6⁰ = lanju penurunan suhu per ketinggian 100 m naik.
Kaprikornus tinggi kita logika aj, Pegunungan Jaya Wijaya itu kan sekitar 4.000 - 5.000 mdpl, maka kita mampu coba pakai angka diantara ketinggan tersebut. Saya memperoleh di angka 4.500 mdpl
T ₄₅₀₀ = 29⁰ - (4.500/100 x 0,6⁰)              = 29⁰ - 27⁰              = 2⁰ C
8. Cermati ayat Alquran berikut:اَلَمْ تَرَ اَنَّ اللّٰهَ يُزْجِيْ سَحَابًا ثُمَّ يُؤَلِّفُ بَيْنَهٗ ثُمَّ يَجْعَلُهٗ رُكَامًا فَتَرَى الْوَدْقَ يَخْرُجُ مِنْ خِلٰلِهٖۚ وَيُنَزِّلُ مِنَ السَّمَاۤءِمِنْ جِبَالٍ فِيْهَا مِنْۢ بَرَدٍ فَيُصِيْبُ بِهٖ مَنْ يَّشَاۤءُ وَيَصْرِفُهٗ عَنْ مَّنْ يَّشَاۤءُۗ يَكَادُ سَنَا بَرْقِهٖ يَذْهَبُ بِالْاَبْصَارِMakna ayat di atas antara lain mengambarkan perihal …a. faedah air hujanb. proses terjadinya hujanc. fenomena hujan dan petird. jenis-jenis hujan
KunciAyat di atas adalah QS. An Nuur ayat 43 yang menerangkan wacana proses hujan dan petir"Tidakkah engkau melihat bahwa Allah mengakibatkan awan bergerak perlahan, kemudian mengumpulkannya, kemudian Dia menjadikannya bertumpuk-tumpuk, kemudian engkau lihat hujan keluar dari celah-celahnya dan Dia (juga) menurunkan (butiran-butiran) es dari langit, (adalah) dari (gumpalan-gumpalan awan mirip) gunung-gunung, maka ditimpakan-Nya (butiran-butiran es) itu kepada siapa yang Dia inginkan dan dihindarkan-Nya dari siapa yang Dia kehendaki. Kilauan kilatnya nyaris-nyaris menghilangkan pandangan."
9. Perhatikan foto berikut!Adaptasi alamiah yang bisa dilakukan untuk meminimalkan resiko peristiwa tsunami pada pantai di atas yaitu …a. Membuat bangunan dan infrastruktur tahan gempab. Membuat tanggul beton di sepanjang pantaic. Memindahkan permukiman di tempat rawan bencanad. Menanam tumbuhan mangrove di sepanjang pantai
KunciAdaptasi alami memiliki arti tidak membangun infrastruktur bangunan maka paling masuk budi ya menanam mangrove di sepanjang garis pantai untuk meredam imbas gelombang tsunami.
10. Bacalah dan cermati ayat Alquran berikut!Jika isu di atas merupakan satu-satunya dasar untuk mengidentifikasi fenomena yang terjadi, maka ayat di atas menggambarkan bahwa musibah yang terjadi yaitu berupa …a. letusan gunung api dan badaib. gempa bumi dan likuifaksic. gempa bumi dan letusan gunung apid. likuifaksi dan letusan gunung api
KunciSurah Hud Ayat 82"Maka ketika keputusan Kami datang, Kami menjungkirbalikkannya (fenomena likuifaksi) negeri kaum Lut, dan Kami hujani mereka bertubi-tubi dengan kerikil dari tanah yang terbakar (jatuhan piroklastik erupsi gunung api)". Jadi jawabannya D.
Lanjut: Soal No 11-15