Blogger Jateng

Belajar Excel untuk Admin 2022

 Microsoft Excel adalah salah satu aplikasi yang wajib dikuasai khususnya bagi orang yang  Belajar Excel untuk Admin 2022Cara Belajar Excel untuk Admin - Microsoft Excel ialah salah satu aplikasi yang wajib dikuasai khususnya bagi orang yang berprofesi selaku admin, baik manajemen perkantoran maupun administrasi pada bidang lain.

Dengan adanya produk produksi Microsoft ini, tentu akan memudahkan kita dalam mengolah data dengan super cepat.

Beberapa pekerjaan mengolah data diantaranya membuat, mengedit, mengurutkan, menganalisis, meringkas data, melaksanakan perkiraan aritmatika dan statistika, menolong mengurus soal-soal nalar dan matematika, sampai membuat bermacam grafik dan diagram.

Tak heran jikalau Ms. Excel menjadi pioneer spreadsheet dalam dunia perkantoran, alasannya banyaknya rumus serta formula yang ditawarkan, tentu saja Excel sangatlah berkhasiat untuk menyelesaikan pekerjaan kita sehari-hari.

Mengingat banyaknya data dan aneka macam sheet yang tersedia maka, maka rumus Excel setidaknya mampu membantu produktivitas kerja kita, sehingga tampaklebih rapi dan bersiklus.


Pembahasan Cara Belajar Excel untuk Admin

Tidak bisa dibantah memang, tidak hanya profesi yang berbau manajemen saja yang memakai dan memerlukan Ms.Excel, namun hampir semua pekerjaan di bidang akuntansi serta keuangan, industri, statistik dan penelitian, dan bidang lainnya juga menggunakan perangkat lunak ini.

Saat seorang admin contohnya ingin melaksanakan pembuatan data, maka perlu memakai rumus atau formula untuk menuntaskan pekerjaannya.

Biasanya, kemampuan dasar dalam memakai Microsoft Excel senantiasa menjadi persyaratan wajib dalam setiap job requirements, yang ditetapkan oleh perusahaan pelamar kerja dengan menguasai aneka macam rumus dasar excel di dunia kerja.

Baca juga : Cara Membuat Grafik di Excel
Karena setiap profesi admin dengan latar belakang industri yang berlawanan-beda, tentu saja memiliki penggunaan rumus excel yang berlainan pula.

Nah, berikut ini kami akan bagikan beberapa cara mencar ilmu Excel untuk admin yang mampu dipelajari dan diterapkan, supaya kemampuan Anda dalam menguasai rumus kian terasah.


Cara Belajar Excel untuk Admin


1. Cara Belajar Excel untuk Admin Gudang menggunakan Rumus SUMIF & SUMIFS

 Microsoft Excel adalah salah satu aplikasi yang wajib dikuasai khususnya bagi orang yang  Belajar Excel untuk Admin 2022
Cara Belajar Excel untuk Admin Gudang memakai Rumus SUMIF & SUMIFS
Cara mencar ilmu Excel untuk admin gudang adalah salah satu posisi yang bertugas untuk membuat laporan gudang.
Laporan gudang ini umumnya berisi tentang stok final dan mutasi barang yang terjadi pada gudang tersebut.

Para admin gudang biasanya memakai rumus SUMIF & SUMIFS untuk menuntaskan pekerjaannya, dikala menyusun laporan tersebut. Penggunaan rumus SUM bahwasanya sudah umum, khususnya oleh orang yang telah lama menjadi admin gudang.

Tetapi, rumus SUMIF & SUMIFS ini tentu saja berlawanan dengan rumus SUM pada umumnya, karena rumus SUMIF bisa dipakai untuk menjumlahkan deretan angka dengan syarat , berbeda kolom dengan angka yang hendak dijumlahkan, namun bisa digabungkan menjadi 1.

Contohnya, dalam laporan persediaan barang, Anda cuma akan menjumlahkan 1 jenis barang saja dari beberapa barang yang ditampilkan pada laporan tersebut, maka pada problem ini Anda mampu memakai Fungsi SUMIF.

Untuk menggunakan Fungsi SUMIF, ada tiga argumen yang harus diisi selaku syarat untuk melaksanakan penjumlahan, diantaranya range, criteria dan sum_range.

Contohnya, saat seorang admin gudang akan melakukan penjumlahan dengan lebih dari satu tanggal mutasi barang dengan syarat aba-aba barang yang diinginkan.

Baca juga : Cara Membuat Tabel di Excel

2. Cara Belajar Excel untuk Admin Keuangan

 Microsoft Excel adalah salah satu aplikasi yang wajib dikuasai khususnya bagi orang yang  Belajar Excel untuk Admin 2022
Cara Belajar Excel untuk Admin Keuangan
Cara mencar ilmu Excel untuk admin berikutnya ialah admin keuangan yang mempunyai tugas menyusun laporan dan arus keuangan yang terjadi dalam suatu bisnis atau perusahaan.
Admin keuangan biasanya memakai beberapa rumus untuk menyusun laporan tersebut, diantaranya INDEX dan IFERROR.
Rumus Index berfungsi untuk mencari suatu data dalam range, Tabel atau Cells tertentu.
Rumus ini juga mampu digunakan untuk mencari data/mengelompokan suatu laporan keuangan perusahaan.
Contohnya, perusahaan mempunyai cabang di beberapa Kota, maka untuk mencari data yang diperlukan, Anda mampu memakai Rumus Index.

Adapun rumus IFERROR dipakai untuk mencari nilai tertentu, bila rumus excel yang Anda menghasilkan nilai ERROR dan cara penggunaannya pun nyaris sama dengan penggunaan rumus IF.
Penggunaan rumus INDEX dan IFERROR lazimnya dipakai pada nota pemasaran barang, kredit barang, arus keluar masuk barang dan slip honor karyawan.

Baca juga : Cara Membuat Hyperlink di Excel

3. Cara Belajar Excel untuk Admin Sales menggunakan Rumus HLOOKUP dan VLOOKUP

 Microsoft Excel adalah salah satu aplikasi yang wajib dikuasai khususnya bagi orang yang  Belajar Excel untuk Admin 2022
Cara Belajar Excel untuk Admin Sales menggunakan Rumus HLOOKUP dan VLOOKUP
Cara mencar ilmu Excel untuk admin berikutnya adalah untuk para sales menggunakan rumus VLOOKUP dan HLOOKUP.
VLOOKUP dan HLOOKUP sendiri ialah rumus yang paling kerap digunakan untuk menyaksikan data secara vertikal dan horizontal.

Berbeda dengan rumus LOOKUP yang mampu mencocokkan data teks ataupun numerik, sedangkan VLOOKUP dan HLOOKUP khusus dipakai untuk mencocokkan data numerik saja.

Rumus VLOOKUP dan HLOOKUP tergolong rumus yang sungguh kompleks dipakai, khususnya untuk rumus LOOKUP yang sangat sederhana.

VLOOKUP sendiri berfungsi untuk mencari dan membandingkan data pada tabel teladan secara vertikal, dengan berpatokan pada data yang ada di kolom paling kiri.

Sedangkan HLOOKUP berfungsi untuk mencari dan membandingkan data secara horizontal dengan mengacu pada data baris paling atas.

Rumus ini sangat menolong Anda ketika mengerjakan dan menggabungkan 2 data yang berlawanan, tetapu memakai dasar referensi yang serupa.

Selain bisa dipakai oleh para sales, ternyata rumus Excel VLOOKUP dan HLOOKUP bisa juga dipakai oleh beberapa profesi yang lain.

Namun, penggunaan rumus ini sungguh tricky, alasannya adalah memerlukan tabel acuan selaku ajaran untuk mengambil keputusan tolok ukur TRUE atau FALSE pada sebuah data.

Rumus Excel VLOOKUP dan HLOOKUP juga biasa digunakan untuk membuat laporan penjualan, penentuan harga baik sebelum ataupun setelah belahan harga, aba-aba barang, bonus pemasaran, sasaran penjualan dan lain sebagainya.

Baca juga : Cara Membuat Aplikasi Sederhana di Excel

4. Cara Belajar Excel untuk Admin Perkantoran memakai Rumus Excel Dasar IF

 Microsoft Excel adalah salah satu aplikasi yang wajib dikuasai khususnya bagi orang yang  Belajar Excel untuk Admin 2022
Cara Belajar Excel untuk Admin Perkantoran memakai Rumus Excel Dasar IF
Cara mencar ilmu Excel untuk admin yang terakhir yakni yang berprofesi selaku admin perkantoran menggunakan rumus dasar IF.
Rumus IF sendiri ialah sebuah rumus yang telah familiar dan sungguh memiliki kegunaan dalam pengambilan keputusan.

Rumus IF ini juga tergolong salah satu fungsi Excel yang sering digunakan untuk melaksanakan uji akal sederhana kepada suatu data.

Penggunaan rumus IF Excel ini berniat untuk melakukan validasi data kepada uji nalar tertentu agar menghasilkan nilai TRUE atau FALSE.

Sedangkan fungsi IF adalah untuk mengerjakan pengujian akal dan mengembalikan satu nilai untuk hasil yang BENAR dan nilai lainnya untuk hasil yang SALAH.

Contohnya, untuk bisa "lulus" skor di atas 70: = IF (A1> 70, "Lulus", "Gagal"). Anda mesti yakin, bila IF yaitu hukum mutlak yang harus dikuasai sebab akan sering dijumpai pada dilema yang sama nantinya.

Selanjutnya, rumus IF juga dipakai untuk mengerjakan tes nalar dan memiliki reaksi berbeda, tergantung dari karenanya, apakah BENAR atau SALAH.


Akhir Kata

Demikian beberapa cara yang bisa dipraktekkan, bila ingin berguru menjadi seorang admin menggunakan Excel.

Materi yang kami bagikan memang belum lengkap, namun setidaknya mampu memperbesar pengetahuan dasar Anda ihwal Excel.

Jika pengetahuan dasarnya telah diketahui, maka untuk yang lainnya mampu mengikuti.
Itulah seluruh isi artikel kami kali ini mengenai cara belajar Excel untuk admin 2022. Semoga berguna dan selamat menjajal .